BERITA UTAMAMIMIKA

KPU Papua Tengah Dampingi Simulasi Pemilu Sistem Noken Kabupaten Puncak

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
163
×

KPU Papua Tengah Dampingi Simulasi Pemilu Sistem Noken Kabupaten Puncak

Share this article
IMG 20240126 WA0093
Simulasi Pemilu sistem noken yang digelar oleh KPU Kabupaten Puncak di halaman parkir Hotel Horison Ultima Timika, Jumat (26/1).

Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya
Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya

Timika, fajarpapua.com – KPU Provinsi Papua Tengah melakukan pendampingan simulasi Pemilu dengan sistem noken yang di gelar oleh KPU Kabupaten Puncak yang digelar di halaman parkir Hotel Horison Ultima Timika, Jumat (26/1).

Komisioner KPU Papua Tengah Divisi Teknis, Indra Ebang Ola dalam sambutannya mengatakan, pihaknya mengapresiasi KPU Kabupaten Puncak yang sudah menyelenggarakan simulasi tersebut.

Pasalnya kegiatan tersebut sangat penting untuk dilakukan karena ada bagian bagian penting yang harus disampaikan.

“Kegiatan ini sangat penting meskipun sistem noken ini sudah dilakukan sejak lama. Karena ada bagian-bagian lain yang perlu disempurnakan dalam sistem pengadministrasiannya, sehingga memandang perlu diselenggarakannya simulasi,”katanya.

Ia berpesan kepada KPU, PPD, PPS dan KPPS Kabupaten Puncak bahwa Pemilu sebagai sarana integrasi bangsa sehingga sebagai penyelenggara untuk memastikan peran, fungsi dan mengedepankan asas-asas penyelenggaraan Pemilu. Kemudian prinsip integritas, kemandirian, keadilan, berkepastian hukum kepada peserta pemilu maupun pemilih.

“Sehingga betul-betul menjaga integritas untuk menjamin kualitas pemilu di Kabupaten Puncak sebagai wujud dari hak politik dan aspirasi masyarakat,”ungkapnya.

Koordinator Divisi Teknis KPU Kabupaten Puncak Hengki M Tinal mengatakan, KPU Kabupaten Puncak berkewajiban untuk mensimulasikan sistem noken tersebut, yang diatur dalam keputusan KPU nomor 66 tahun 2024 sebagai juknisnya. Karena agar pada pemilu 2024 dengan sistem noken di Kabupaten Puncak sesuai dengan Juknisnya.

Karena pada Pemilu sebelumnya sistem noken ini belum pernah diterjemahkan dengan baik oleh penyelenggara sebelumnya. Hal tersebut dibatasi dengan berbagai tantangan yang salah satunya adalah faktor keamanan, geografis dan kendala jaringan.

“Untuk itu kami perlu melakukan simulasi ini, agar penguatan kapasitas SDM di KPPS dan PPD sangat penting. Karena KPPS ini garda depannya KPU, mereka yang akan bekerja keras di tanggal 14 Februari nanti,”katanya.

Menurutnya bagi masyarakat Puncak sistem noken seakan-akan suatu keputusan resmi. Dengan salahnya pemahaman tersebut sekarang KPU Kabupaten Puncak berupaya untuk memberikan pemahaman yang maksimal.

“Supaya nanti hari H pemilihan sistem noken ini bisa terlaksana dengan baik, terutama dengan adanya aplikasi SIREKAP maka administrasinya bisa dilengkapi dari teman-teman penyelenggara adhoc dibawah,”ungkapnya.(ron)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *