BERITA UTAMAPAPUA

Mantan Kapolres Mimika Masuk Radar Bursa Bakal Calon Gubernur Papua

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
658
×

Mantan Kapolres Mimika Masuk Radar Bursa Bakal Calon Gubernur Papua

Share this article
272f8521 2e30 47ce 89f0 68b84ec2fbe6
Komjen (Pur) Paulus Waterpauw

Jayapura, fajarpapua.com- Mantan Kapolres Mimika yang juga pernah menjabat sebagai Kapolda Papua, Komjen (Pur) Paulus Waterpauw nampaknya menjadi salahsatu sosok politikus yang banyak didaulat untuk maju pada kontestasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 yang tersisa 7 bulan lagi.

Setelah digadang-gadang sebagai salahsatu kandidat bakal calon gubernur Provinsi Papua Barat, Paulus Waterpauw mencuat sebagai salahsatu kandidat bakal calon gubernur Provinsi Papua.

ads

Nama mantan Kabaintelkam Mabes Polri sebagai salahsatu kandidat pada Pilkada Papua 2024 ini muncul disejumlah platform media sosial ataupun di grup Whatsapp dengan tagline #NegaraMintaPulang.

Ketua Badan Musyawarah Majelis Rakyat Papua, Franklin Domena memastikan calon kepala daerah yang maju adalah putra-putri terbaik anak bangsa di tanah Papua.

Hal lain yang harus dihormati untuk maju sebagai kepala daerah di Tanah Papua adalah amanat 12 huruf a UU Otsus Papua yang sudah jelas dan tegas mengatur sebagai ruang bagi hak Orang Asli Papua.

“Pada aturan itu, tidak ada penjelasan bahwa kamu yang di wilayah ini harus jadi gubernur atau bupati di wilayah ini saja dan tak bisa ke wilayah lain. Begitupun sebaliknya. Jangan malahan akan semakin mengkotak-kotakan kita di tanah ini (Papua),” ujar Franklin, Senin (22/4).

“Jika ada anak-anak Papua yang punya kepemimpinan baik, bekerja baik, serta berkorban untuk masyarakat, maka bisa menjadi gubernur di tanah Papua,” sambung Franklin.

Sebelumnya sejumlah nama beredar luas yang disebut-sebut akan maju menjadi Calon Gubernur (Cagub) Papua, selain ada nama Paulus Waterpauw, ada pula nama Yunus Wonda, Mathius D Fakhiri, Benhur Tommy Mano, Constan Karma, Mathius Awoitauw, Yan Mandenas, Boy Dawir dan Eli Auri.

Anggota Komisi I DPR Papua, Yonas Nusi menegaskan sesama anak Papua yang memberanikan diri maju sebagai cagub harus diberikan apresiasi.

“Provinsi Papua ini siapa saja bisa maju sebagai cagub, entah dia dari utara atau pegunungan. Kita harus sudahi pandangan dan jangan salah menerjemahkan peluang yang negara sudah berikan kepada Papua,” kata Yonas.

Termasuk sejumlah perempuan Papua yang memiliki rekam jejak yang baik dan dianggap layak untuk didorong menjadi gubernur maupun wakil gubernur pada Pilkada nanti. “Kemampuan perempuan Papua sudah bisa dipertanggungjawabkan,” jelasnya. (hsb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *