BERITA UTAMA

Kapal dari Timika Sudah Bisa Sandar di Pelabuhan Ini

pngtree vector tick icon png image 1025736
12
×

Kapal dari Timika Sudah Bisa Sandar di Pelabuhan Ini

Share this article
Pelabuhan Kaimana. Foto : fajarpapua.com

Kaimana, fajarpapua.com
Setelah penantian panjang akhirnya Pelabuhan Laut Kaimana diberikan ijin untuk akses transportasi laut oleh Bupati Drs. Matias Mairuma. Dengan demikian kapal penumpang dari Timika sudah bisa singgah di daerah itu.

ads

Ijin sandar kapal milik PT Pelni di Pelabuhan Kaimana itu tertuang dalam surat bernomor 820/568 tertanggal 22 Juli 2020. Surat tersebut menjawab surat PT Pelni Kaimana.

Kepala Pelni Cabang Kaimana, Budi Wibowo yang berhasil dikonfirmasi Fajar Papua di ruang kerjanya, Kamis (6/8) membenarkan pihaknya telah menerima surat Bupati Kaimana.

“Pak Bupati sudah menyetujui ijin beroperasinya semua kapal Pelni di Kaimana. Surat dari pak Bupati sudah saya kirim ke kantor Pelni pusat. Untuk jadwal sementara dari ketiga kapal penumpang kami, yakni KM Nggapulu direncanakan berangkat dari Pelabuhan tanjung priok tanggal 15 dan tiba di pelabuhan Kaimana tanggal 22 Agustus 2020,” jelas Budi.

Meski sudah ada jadwal, namun menurut dia, bisa saja berubah karena beberapa faktor lain.
Dia juga membenarkan, jika dalam pengoperasian kapal milik Pelni, akan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang merupakan syarat yang diajukan Pemda Kaimana.

“Syarat bagi penumpang yang akan turun di Pelabuhan Kaimana, yakni wajib memiliki KTP Kaimana dan belum menerima penumpang secara umum. Selain KTP wajib menunjukan hasil rapid test dari satgas kota asal, dengan hasil Non reaktif,” kata Budi.

Untuk penumpang yang akan melakukan perjalan keluar dari Kaimana, harus memiliki syarat yakni memiliki KTP, hasil rapid test non reaktif, surat keterangan sehat serta mengisi surat pernyataan perjalanan kapal laut serta persyaratan lain yang dibutuhkan di pelabuhan tujuan.

“Apakah sudah bisa menerima penumpang turun di pelabuhan tujuan atau tidak. Untuk yang lebih penting, baik penumpang turun di Kaimana maupun akan bepergian tetap menjaga protokol kesehatan,” ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *