Petinggi Apple Diancam Di Penjara Usai Nyogok Polisi

by -
Petinggi Apple Diancam Di Penjara

Bogor, Fajarpapua.com – Salah satu petinggi Apple diancam penjara usai terungkap berusaha menyogok polisi di California. Menariknya sogokan tersebut bukan berupa uang melainkan berupa tablet iPad dengan lisensi pegawai Apple.

Kejadian ini berawal ketika pihak kepolisian menggagalkan usaha dari Thomas Moyer yang menjabat Head of Global Security Apple ketika hendak memberikan “donasi” berupa 200 iPad yang nilainya hampir mencapai 70ribu Dollar Amerika Serikat atau hampir mencapai Rp. 1 Miliar.

Pihak kepolisian langsung melakukan gugatan kepada pengadilan  di negara bagian California, Amerika Serikat. Dalam gugatannya dinyatakan bahwa Moyer dengan sengaja berusaha mendapatkan lisensi membawa senjata api secara tertutup atau Concealed Carry untuk para pegawai Apple.

Namun ternyata pihak perwira kepolisian setempat Country Undersherif Rick Sung justru meminta “hadiah.” Moyer dengan senang hati menawarkan hadiah atau donasi yang diminta oleh Rick Sung berupa iPad sebanyak 200 Unit dengan lisensi khusus pegawai Apple.

Sayangnya kesepakatan antara Sung dan Moyer berhasil digagalkan oleh Kepolisian dan akhirnya berahi di pengadilan. Tidak tanggung-tanggung ternyata dalam penyelidikan pendahuluan terungkap oleh kepolisian bahwa ternyata perwira lain turut terlibat dalam transaksi tersebut.

James Jensen, seorang polisi yang ditangkap dan dituding ikut terlibat serta membantu transaksi tersebut bersama seorang broker asuransi, Harpreet Chadha akhirnya ditangkap oleh kepolisian Negara Bagian California.

Jeff Rosen, Seorang Jaksa Penuntut Umum menyampaikan bahwa kedua perwira polisi tersebut telah semena-mena menggunakan jabatannya dan menjadikan lisensi senjata api seperti layaknya produk komoditas biasa yang dengan mudah diperjualbelikan.

“tindakan mereka ( kedua perwira polisi ) yang memiliki posisi sebagai komandan atau posisi tinggi pada stasiun kepolisian setempat telah merusak nama baik, kehormatan dan reputasi kepolisian, dan akan berimbas kepada penilaian publik terhadap penegak hukum.” ujar Jeff.

Apabila pengadilan Negara Bagian California memutuskan bahwa Moyer dan ketiga pelaku lainnya bersalah, maka hukuman dibalik jeruji penjara akan menanti mereka.

Sidang kasus ini dijadwalkan akan dilaksanakan pada tanggal 11 Januari 2021 mendatang dan dapat disaksikan oleh umum.

banner 300250

Untuk lisensi membawa senjata api secara tertutup atau Concealed Carry di Amerika Serikat sebenarnya memang diperbolehkan dan dapat diperoleh dengan biaya sebesar 200 USD hingga 400 USD untuk per lisensi nya

Dalam pengajuan tersebut harus juga terdapat keterangan tujuan penggunaan adalah untuk kebaikan dan harus mengikuti pelatihan senjata api serta lulus uji karakter. Dalam hal ini sherif memiliki hak penuh untuk menentukan siapa yang berhak mendapatkan dan yang tidak berhak mendapatkan lisensi tersebut.

INFO IKLAN 0812-3406-8145