GadgetsLIFESTYLETEKNOLOGI

Amankan Data Unreg Kartu Smartfren Segera

cropped cnthijau.png
4
×

Amankan Data Unreg Kartu Smartfren Segera

Share this article
Amankan Data Unreg Kartu Smartfren Tak Terpakai

Bogor, Fajarpapua.com – Saat menggunakan kartu SIM Card yang baru tentunya akan diminta mendaftarkan ( REG ) kartu Sim Card tersebut dengan data pribadi. Di saat kita berencana untuk tidak menggunakannya kembali sebaiknya segera amankan data, unreg kartu Smartfren yang sudah tidak akan dipakai agar tidak risalah gunakan oleh pihak lain.

Proses unreg tersebut bertujuan untuk mencegah penyalahgunaan nomer yang tidak terpakai lagi untuk tindak kejahatan. Di samping itu dari pihak regulator membatasi setiap NIK hanya bisa mendaftarkan 4 kartu saja ( tergantung operator ).

ads

Amankan Data, Unreg Kartu Smartfren

Pemerintah memang menerapkan kewajiban untuk mendaftarkan kartu Sim Card yang hendak digunakan terutama Smartfren. Hal ini dimaksudkan agar mengurangi kepemilikan nomer kartu GSM tidak terdaftar yang kerap digunakan untuk kejahatan.

Akan tetapi dengan adanya proses registrasi ini maka data kita akan melekat pada nomer tersebut sehingga apabila kehilangan kartu sebaiknya langsung melaporkan kepada operator penyelenggara agar bisa segera di hapus data kita yang melekat beserta diblok nya kartu tersebut untuk mencegah disalahgunakan oleh pihak-pihak yang ingin menggunakan untuk tindak kejahatan.

Berikut ini adalah beberapa cara untuk amankan data unreg kartu yang bisa dilakukan :

Unreg Kartu Menggunakan SMS

Cara yang pertama bisa kita lakukan adalah dengan mengirimkan SMS Unreg ke nomer 4444 agar bisa segera dilakukan proses pencabutan atau penghapusan data pribadi secara otomatis.

Untuk bisa amankan data unreg kartu dengan cara mengirimkan sms bisa dilakukan dengan mengetikan format di bawah ini pada pesan singkat atau SMS

UNREG#NomerKTP#Kirim ke 4444

Kemudian isi dari sms tersebut kita kirimkan ke nomer tujuan 4444. Selanjutnya tinggal menunggu pesan balasan yang menyatakan kartu sudah berhasil di Unreg yang selanjutnya apabila ingin digunakan harus dilakukan Registrasi baru.

Amankan Data, Unreg Kartu Smartfren via Website

Bagaimana bila kartu yang ingin kita unreg tersebut sudah tidak ada ditangan atau sudah berpindah tangan ( hilang ). Tentunya tidak mungkin untuk melakukan Unreg.

Apabila ini terjadi maka kita bisa menggunakan cara selanjutnya yaitu dengan melakukan proses Unreg melalui website resmi Smartfren. Langkah yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut :

  1. Buka website resmi Smartfren menggunakan browser yang biasa digunakan.
  2. Setelah halaman website terbuka silahkan pilih opsi Pembatalan yang kemudian bisa dilanjutkan dengan mengisikan data registrasi sebagai bagian dari proses verifikasi.

Amankan Data, Unreg Kartu Smartfren via Gerai

Tentu saja setiap operator GSM di Indonesia memiliki gerai yang tersebar untuk menjangkau dan memberikan pelayanan maksimal kepada konsumennya.

Hal ini termasuk untuk bantuan proses amankan data unreg kartu Smartfren yang bisa dilakukan di gerai. Kita sebagai konsumen Smartfren cukup membawa ktp dan datang ke gerai yang selanjutnya nanti akan dibantu oleh pihak customer service nya melanjutkan proses pembatalan atau Unreg.

Mari kita budayakan taat pada aturan demi keamanan dan privasi data kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *