Gemar Makan Makanan Sehat. Waspada Penyakit Kejiwaan

by -
Gemar makan makanan sehat

Bogor, Fajarpapua.com – Kecintaan atau memiliki kebiasaan gemar makan makanan sehat memang baik bagi tubuh akan tetapi apabila mulai menunjukkan prilaku yang berlebihan atau terlalu terobsesi terhadap makanan sehat maka bisa jadi itu bertanda mengalami Orthorexia Nervosa.

Orthorexia Nervosa merupakan salah satu gangguan yang dialami penderitanya untuk selalu mencari dan hanya mengonsumsi makanan sehat.

Kendati mengonsumsi makanan sehat memang baik bagi kesehatan tubuh. Namun apabila terlalu berlebihan juga akan menimbulkan permasalahan kesehatan di samping secara tidak langsung akan berkelanjutan kepada stres apabila berada di lokasi yang kurang dapat memenuhi keinginan untuk makan sehat.

banner 300250

Penderita penyakit kejiwaan Orthorexia Nervosa akan selalu terfokus pada kualitas makanan dan bukan kuantitasnya. Sehingga mereka cenderung tidak memikirkan masalah berat badan.

Gemar Makan Makanan Sehat Kok Salah

Sebenarnya prilaku suka makan makanan sehat tidaklah salah, hanya saja khusus untuk kasus penderita kelainan atau penyakit jiwa Orthorexia Nervosa ini bisa berakibat buruk.

Dengan fokus perhatian yang hanya tertuju pada kualitas dari makanan termasuk pengelolaan dan higienis nya suatu asupan makanan maupun minuman, mereka sering kali melupakan mengenai besaran kebutuhan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh.

Hal inilah yang berbahaya bagi kesehatan penderita Orthorexia Nervosa yang akan membawanya kepada obesitas yang kemudian akan menimbulkan permasalahan lainnya seperti masalah asam urat dan jantung.

Penyakit ini pada umumnya berawal dari pola dan pemikiran diet dengan berlatar belakang kesehatan. Meskipun tidak semua orang yang melaksanakan diet akan mengalami gangguan ini namun penyebab utamanya kebanyakan berasal dari keinginan diet dan kemudian fokus kepada jenis makanan sehat yang pada akhirnya berkembang menjadi obsesi untuk selalu mencari dan  mendapatkan makanan yang sehat dan akan berakhir dengan penyakit Orthorexia Nervosa.

Gejala Umum Yang Terlihat

Pada penderita penyakit obsesi terhadap makanan sehat ini terdapat beberapa gejala yang sangat mudah dikenali dan terlihat dengan jelas. Namun sering kali  kita mengacuhkan karena kurangnya pengetahuan dan informasi terhadap penyakit ini.

Berikut ini adalah beberapa gejala umum yang kemungkinan timbul atau ditunjukan oleh penderita Orthorexia Nervosa :

  • Selalu membawa dan memeriksa daftar bahan atau label nutrisi yang terkandung pada sebuah produk secara berulang.
  • Selektif dalam memilih makanan secara berlebihan dan hanya mengonsumsi satu atau dua jenis hidangan yang memang sudah diyakini kualitas kesehatannya.
  • Kurang atau bahkan tidak sama sekali mengonsumsi makanan yang baru dikenal atau hanya makan jenis makanan yang sama sebab tidak mampu di telan karena faktor psikologisnya menolak ( seperti ketakutan anak kecil saat menelan obat )
  • Aktif pada sosial media atau kelompok kelompok tertentu yang membahas atau mengutamakan tentang kualitas makanan.
  • Bersedia menghabiskan waktu sangat banyak hanya untuk membuat dan mencatat berbagai makanan untuk dijadikan daftar makanan sehat yang selalu dibawa kemana-mana.

Gemar makan makanan sehat memang cukup baik dan harus diterapkan, akan tetapi bila terlalu terobsesi tentang makanan sehat sehingga melupakan kebutuhan nutrisi lainnya yang berimbang serta dalam jumlah tertentu akan menimbulkan penyakit lainnya.

INFO IKLAN 0812-3406-8145 A valid URL was not provided.