BERITA UTAMAMIMIKA

Beredar !!! Juknis Vaksinasi Massal Covid 19 Dilakukan 4 Tahap, Ini Kelompok Sasaran Penerima

pngtree vector tick icon png image 1025736
4
×

Beredar !!! Juknis Vaksinasi Massal Covid 19 Dilakukan 4 Tahap, Ini Kelompok Sasaran Penerima

Share this article
Inilah daftar orang yang dilarang diberikan vaksin Covid-19

Timika, fajarpapua.com – Vaksinasi masal Tahap 1 akan dilakukan Januari-April 2021. Tahap 2 dilaksanakan pada periode waktu yang sama namun dengan kelompok penerima berbeda. Terdapat total empat tahapan pelaksanaan vaksin yang diperkirakan mencapai sasaran masyarakat luas tahun 2022.

Dalam edaran Juknis yang ditandatangani Plt Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Muhammad Budi Hidayat, sebagaimana yang diterima Fajar Papua Minggu (3/1/2021), disebutkan sasaran vaksinasi COVID-19 tahap 1 adalah tenaga kesehatan, asisten tenaga kesehatan, tenaga penunjang serta mahasiswa yang sedang menjalani pendidikan profesi kedokteran yang bekerja pada Fasilitas Pelayanan Kesehatan.
 
Selanjutnya tahap 2 dengan waktu pelaksanaan Januari-April 2021. Sasaran vaksinasi, pertama, petugas pelayanan publik yaitu Tentara Nasional Indonesia/Kepolisian Negara Republik Indonesia, aparat hukum, dan petugas pelayanan publik lainnya yang meliputi petugas di bandara/pelabuhan/stasiun/terminal, perbankan, perusahaan listrik negara, dan perusahaan daerah air minum, serta petugas lain yang terlibat secara langsung memberikan pelayanan kepada masyarakat. Kedua, kelompok usia lanjut (≥ 60 tahun).

Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya
Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya

Selanjutnya tahap 3 dengan waktu pelaksanaan April 2021-Maret 2022. Sasarannya adalah masyarakat rentan dari aspek geospasial, sosial, dan ekonomi.

Tahap 4 dengan waktu pelaksanaan April 2021-Maret 2022. Sasaran vaksinasi tahap 4 adalah masyarakat dan pelaku perekonomian lainnya dengan pendekatan kluster sesuai dengan ketersediaan vaksin.

Dikatakan, pentahapan dan penetapan kelompok prioritas penerima vaksin dilakukan dengan memperhatikan Roadmap WHO Strategic Advisory Group of Experts on Immunization (SAGE) serta kajian dari Komite Penasihat Ahli Imunisasi Nasional (Indonesian Technical Advisory Group on Immunization).

Menurut Roadmap yang disusun oleh WHO Strategic Advisory Group of Experts on Immunization (SAGE), karena pasokan vaksin tidak akan segera tersedia dalam jumlah yang mencukupi untuk memvaksinasi semua sasaran, maka ada tiga skenario penyediaan vaksin untuk dipertimbangkan oleh negara yaitu sebagai berikut: 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *