Malam Ini, Puluhan Anak Dilarikan ke RSMM Timika, Keracunan Nasi Kuning Setelah Acara Ultah

by -
Anak-anak yang mengalami keracunan makanan
Anak-anak yang mengalami keracunan makanan

Timika, fajarpapua.com – Puluhan anak usia rata-rata 3-5 tahun mengalami keracunan setelah menikmati makanan pada Acara Ulang Tahun di Jalur 2, Jl. Rambutan Kampung Timika Jaya (SP 2), Minggu (28/2).

Ibu Susanti Rumbo, salah satu orang tua korban yang kebetulan kedua anaknya mengalami keracunan menjelaskan kegiatan ultah dimulai sekitar pukul 14.00 WIT, pada pukul 16:00 acara makan bersama berlangsung dengan aman.

Namun pada pukul 17.00 WIT, setelah semua pulang rumah, anak dari Ibu Susanti mengalami gejala sakit kepala dan .untah.

Ibu Susanti menyadari bahwa anaknya keracunan makanan setelah dibawa ke klinik terdekat.

“Kata orang klinik itu, anak saya keracunan, dan disuruh pergi ke IGD Rumah Sakit Caritas,” ucap ibu Susanti.

Kebetulan anak dari tetangga ibu Susanti mengalami gejala serupa sepulang dari Acara Ulang Tahun. Kemudian Ibu susanti dan tetangganya bergegas membawa anak mereka ke IGD RSMM.

“Sampai di rumah sakit, ternyata satu persatu orang tua dan anak yang ikut kegiatan ultah itu datang ke IGD juga,” katanya.

Kapolres Mimika AKBP IGG Era Adhinata saat ditemui awak media, menjelaskan sudah mendapatkan beberapa barang bukti berupa makanan nasi kuning, lauk telur dan mie, sisa dari acara ultah tersebut, yang dimasak sendiri oleh tuan rumah.

“Kami sudah mengambil sampel darah dari beberapa korban yang nantinya dibawa ke rumah sakit kodim untuk dicek dan melihat hasilnya apa penyebab dari keracunan itu,” kata Kapolres.