BERITA UTAMAEDITORIALMIMIKA

Catatan Kelam, 2 Goresan Luka Warnai Program Pendidikan YPMAK, Ingat…Ini Juga Luka Mimika

pngtree vector tick icon png image 1025736
7
×

Catatan Kelam, 2 Goresan Luka Warnai Program Pendidikan YPMAK, Ingat…Ini Juga Luka Mimika

Share this article
IMG 20210312 WA0033
Asrama Yayasan Taruna Papua

Program ini telah berjalan baik karena dalam mengelola program pendidikan, YPMAK tidak bekerja sendirian tapi bekerjasama dan bermitra dengan sedikitnya 20 institusi pendidikan terkemuka di Papua, Sulawesi Utara serta Jawa.

Sebenarnya, melalui kemitraan itu siswa maupun mahasiswa penerima program beasiswa sudah mendapat pembinaan karakter dan pengembangan kemampuan akademik.

ads

Hal ini secara berkala juga dimonitoring serta dilakukan evaluasi terhadap pelaksanaan program dan pencapaian penerima beasiswa.

Selain itu YPMAK juga bermitra dengan Pemerintah Kabupaten Mimika sebagai mitra utama, yayasan-yayasan penyelenggara pendidikan di Mimika serta melibatkan lembaga adat maupun lembaga agama untuk meningkatkan kualitas pengelolaan program beasiswa.

Diakui dua luka yang menoreh YPMAK pada pekan ini bukan hanya menjadi luka yayasan, tetapi juga menjadi luka bagi dunia pendidikan di Kabupaten Mimika.

Kita semua harus sependapat dengan apa yang diungkapkan oleh Direktur YPMAK, Vebian Magal, kita tidak perlu menyalahkan dan tuduh menuduh.

Ya… Apapun yang terjadi tidak perlu menyalahkan yayasan, pengurus yayasan ataupun mitra pengelolanya.

Saat ini, semua stokeholder yayasan dan juga Pemda Mimika melalui sejumlah OPD terkait pendidikan, kesehatan dan perlindungan anak harus fokus pada pemulihan terhadap 25 siswa yang menjadi korban pelecehan dan kekerasan.

Sumber daya yang berada di yayasan dan pemerintah harus segera bertindak dengan cara memberi dampingan dan konseling sehingga peristiwa tersebut tidak menimbulkan trauma bagi mereka dimasa datang.

Semua stokeholder yayasan khususnya penyelenggara progran pengiriman siswa dan mahasiswa ke sejumlah kota studi baik yang ada di Papua maupun luar Papua juga harus berani berbenah terutama terkait pengawasan kepada para penerima program.

Ingat! Kematian siswa dan mahasiswa penerima program beasiswa YPMAK di kota studi ini bukanlah yang pertama, tetapi telah terjadi beberapa kali baik karena sakit, kecelakaan dan minuman keras.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *