Sempat Ditutup sejak Selasa Pagi, Bandara Ilaga Papua Kembali Dibuka Hari ini

by -
Bandara Ilaga yang hanya bisa didarati pesawat berbadan kecil.

Timika, fajarpapua.com – Bandara Aminggaru Ilaga, ibu kota Kabupaten Puncak yang ditutup sejak Selasa pagi akibat kontak tembak TNI-Polri akan kembali dibuka pada Rabu (28/4).

Dalam surat tertulis yang ditujukan kepada semua operator penerbangan di Bandara Ilaga, Selasa (28/4), Kepala Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Aminggaru Ilaga Herman Sujito mengatakan penutupan sehari operasi penerbangan dari dan ke Bandara Ilaga lantaran ada kegiatan operasi penegakan hukum.

Kebijakan itu menindaklanjuti surat Komandan Lanud Yohanis Kapiyau Timika Letkol Penerbang Surono yang diterima pihak UPBU Ilaga.

“Kegiatan penerbangan dapat dilakukan kembali pada Rabu, 28 April 2021,” kata Herman Sujito dalam suratnya.

BACA JUGA:  Mimika Jadi Titik Pusat Transit Pasukan, Aparat TNI/Polri Tetap Siaga dari Ancaman KKB

Surat tersebut juga ditembuskan kepada Kepala Kantor Otoritas Bandara Wilayah X Merauke, Kepala UPBU Mozes Kilangin Timika, Kepala UPBU Douw Aturure Nabire, GM Airnav Cabang Nabire, GM Airnav Cabang Timika dan Kepala Unit Airnav Ilaga.

Aktivitas penerbangan ke Bandara Aminggaru Ilaga menggunakan pesawat berbadan kecil jenis twin otter, caravan dan pilatus porter selama ini terbanyak dilakukan dari Bandara Mozes Kilangin Timika baik untuk penerbangan penumpang maupun melayani pengiriman kargo barang.