BERITA UTAMAMIMIKApinpost

Tokoh Kamoro Pertanyakan Sikap Diam Bupati yang Dinilai “Abaikan” Laporan Kadistrik Terkait Terpuruknya Pendidikan

pngtree vector tick icon png image 1025736
21
×

Tokoh Kamoro Pertanyakan Sikap Diam Bupati yang Dinilai “Abaikan” Laporan Kadistrik Terkait Terpuruknya Pendidikan

Share this article
Tampak bangunan SD Inpres Aikawapuka
Tampak bangunan SD Inpres Aikawapuka

Timika, fajarpapua.com – Tokoh intelektual Mimika sekaligus doktor pertama asal Suku Kamoro, Dr Leonardus Tumuka meminta Bupati Mimika Eltinus Omaleng memperhatikan kondisi pendidikan Mimika yang dinilainya rusak dan tidak memiliki arah tujuan yang jelas.

Lenardus menyayangkan belum ada langkah konkrit dari bupati Mimika dalam merespon laporan kepala distrik terkait terpuruknya pendidikan di wilayah pesisir, pegunungan dan pedalaman.

ads

Penegasan itu disampaikan Leonardus kepada awak media di Timika, Sabtu (15/5).

Dia menilai penurunan kualitas pendidikan di Mimika sudah sangat ekstrim. Dimana, kondisi pendidikan di sekolah-sekolah pedalaman yaitu wilayah pegunungan dan pesisir pantai Mimika tidak menggelar proses belajar-mengajar secara maksimal karena guru-guru terutama PNS banyak yang tidak berada di tempat tugas, serta tidak didukung dengan ketersediaan sarana dan prasarana pendidikan yang memadai.

“Banyak anak Suku Amungme dan Kamoro yang ‘drop out’, kalaupun terpaksa naik kelas atau lulus pendidikan dasar maka sebagian besar para siswa itu belum bebas dari ‘3 M’ yaitu membaca, menulis dan menghitung. Bagaimana kita bisa mengharapkan muncul generasi cerdas dan berkualitas 15-20 tahun ke depan kalau saat ini mereka lulus SD saja belum bisa baca, tulis dan menghitung,” tegas Leonardus.

Dikemukakan, dulu pendidikan Mimika sangat berkualitas. Bahkan alumnus program studi doktoral pada University of the Philipines Los Banos, Filipina, tahun 2015 pada bidang Community Development itu membandingkan kualitas SD YPPK Kokonao yang mampu melahirkan pejabat-pejabat penting daerah, provinsi bahkan pusat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *