Tetap Prima Meski Harus Begadang, Ini Rahasianya

by -
sehat begadang
sehat begadang

Kegiatan begadang jadi satu kebiasaan bagi sebagian orang. Tidak hanya dipicu ‘keharusan’ karena ada pekerjaan yang harus segera selesai, tetapi banyak pula yang justru sengaja melakukannya. Misalnya demi menonton acara TV favorit semalaman.

Begadang untuk satu atau dua kali saja masih bisa diterima oleh tubuh kita, berbeda jika sudah jadi rutinitas yang siap mengganggu daya tahan tubuh, hingga berperan sebagai penyebab penyakit tertentu dengan risiko kematian.

Cara Jaga Kesehatan Tubuh Saat Begadang 

banner 300250
078292100 1455358894 night owl
begadang kerja tiap malam

Banyak dari Anda yang mungkin terpaksa begadang, sehingga harus menerapkan berbagai cara dalam menjaga kesehatan tubuh.  Berikut cara sederhana demi membuat tubuh tetap prima ketika sedang begadang.

Asupan Seimbang dan Bernutrisi

Apapun kegiatannya, tubuh Anda tetap membutuhkan nutrisi yang cukup setiap hari, terlebih saat sedang begadang. Pastikan asupan seimbang dengan konsumsi makanan bernutrisi dan bergizi. Perbanyak makan buah dan sayur, protein yang cukup, serta hindari untuk konsumsi kafein secara berlebihan.

Kebanyakan dari kita memilih mengonsumsi kopi atau teh agar membuat tubuh terjaga dan sigap. Nyatanya konsumsi kafein berlebih justru akan memicu hormon tidak stabil dan mampu mengganggu kerja organ dalam tubuh. Minumlah vitamin atau suplemen bila merasa perlu.

Siapkan Jadwal Tidur Berkualitas

Setelah sukses begadang, usahakan siapkan jadwal tidur dengan durasi cukup. Seperti di siang hari sampai sore. Atur suasana kamar agar tubuh memahami bahwa saatnya untuk benar-benar beristirahat. Matikan lampu dan tutup jendela.

Ciptakan suasana seperti tidur di malam hari. Matikan alat-alat elektronik, mulai dari gadget, laptop, hingga televisi. Supaya lebih relaks, Anda bisa pula menyalakan aromaterapi dari lilin atau diffuser.

Hindari Langsung Mandi Setelah Begadang Semalaman

Sehabis begadang rasanya memang enak jika langsung mandi. Baik dengan air hangat, ataupun dingin. Namun kegiatan ini jauh lebih baik dihindari. Sata mandi, Anda seolah memberi sinyal pada tubuh untuk kembali fresh dan malah membuatnya lebih terjaga. Tidur saja lebih dulu sebelum mandi.

Biasanya begadang akan membuat kondisi mood seseorang jadi tidak stabil dan bisa meningkatkan rasa lapar. Saat hal tersebut Anda rasakan, coba relaksasi dengan menghirup udara segar sambil berjemur matahari pagi 15 sampai 30 menit saja.

INFO IKLAN 0812-3406-8145 A valid URL was not provided.