Susah Tidur ? Lakukan 4 Hal Ini untuk Hilangkan Insomnia

by -
Hilangkan Insomnia
Hilangkan Insomnia

fajarpapua.com – Gangguan kecemasan, juga kondisi psikologi tertentu sering memicu sulitnya tidur atau insomnia. Tentu Anda akan merasa tidak nyaman dan alami hari-hari yang terasa kurang baik saat terlalu sering alami kesulitan tidur. Penurunan produktivitas, hingga lebih mudah emosi jadi beberapa dampak dari insomnia.

Bila insomnia yang Anda alami masih tergolong tidak parah, Anda bisa mengatasinya sendiri tanpa pergi ke dokter. Berikut cara mengatasi insomnia yang bisa Anda coba.

Hindari Stress dan Lakukan Relaksasi

Banyak dari kita yang sulit beristirahat dengan tenang akibat menumpuknya masalah. Memang pada dasarnya manusia tidak akan jauh dari masalah, tapi cobalah untuk menghadapinya dengan bijak dan tenang, Stress bisa jadi salah satu penyebab Anda sulit tidur.

Coba relaksasi seperti belajar yoga, atau juga melakukan kegiatan yang membuat Anda merasa lebih fresh seperti berolahraga. Relaksasi bisa Anda lakukan pula sebelum tidur untuk mendapat ketenangan dan hilangkan rasa tegang pada tubuh.

Konsumsi Makanan Bernutrisi

Kurangnya asupan nutrisi menjadi penyebab lainnya tubuh tidak bekerja normal. Termasuk rasa ngantuk yang datang tidak pada waktunya. Aturlah menu makanan sehari-hari. Makanan bernutrisi cukup ini akan membantu tingkatkan metabolisme yang mana mempengaruhi daya tahan dan menstabilkan cara kerja tubuh.

Terapkan Rutinitas yang Aktif

Tidak sedikit mereka yang mengalami sulit tidur di malam hari karena dari segi rutinitas atau kegiatan sehari-harinya tergolong kurang aktif. Misalnya lebih banyak beraktivitas di dalam rumah dengan kegiatan yang tidak memacu fisik untuk bergerak aktif.

Bila aktivitas keseharian Anda memang tidak terlalu melibatkan gerakan fisik, Anda bisa rutin berolahraga atau bisa juga rutin lakukan gerakan dance (jika menyukainya). Buat tubuh lebih aktif secara fisik agar saat malamnya Anda merasa lebih lelah.

Atur Jadwal Tidur

Mengatur jadwal tidur seperti tidur sebelum jam 10 malam setiap harinya juga jadi cara yang bisa bantu hilangkan insomnia. Latihlah diri Anda untuk tidur di waktu yang tepat setiap malamnya, meski Anda belum merasa ngantuk.

Kondisikan ruangan, matikan lampu dan jauhkan gadget Anda. Lebih baik bacalah buku bila Anda merasa perlu melakukannya demi mendatangkan rasa ngantuk dibandingkan bermain gadget.

INFO IKLAN 0812-3406-8145