BERITA UTAMAMIMIKA

1 Gugur, 17 Lolos, Suwardi Tahir: Wartawan Timika Siap Liput PON XX Papua

cropped cnthijau.png
7
×

1 Gugur, 17 Lolos, Suwardi Tahir: Wartawan Timika Siap Liput PON XX Papua

Share this article
Foto: Sahirol Para penguji yakni Suwardi Tahir, Taufan Pamungkas dan Ishak Matulessy berpose bersama Peserta UKW Angkatan 552 Timika.
Foto: Sahirol Para penguji yakni Suwardi Tahir, Taufan Pamungkas dan Ishak Matulessy berpose bersama Peserta UKW Angkatan 552 Timika.

Timika, fajarpapua.com – Sebanyak 18 wartawan Timika mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) angkatan ke 552 yang digelar Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Papua dan Humas PB PON XX Papua.

Dalam UKW yang berlangsung selama 2 hari bertempat di Ruang Drawa Sekretariat PB PON Papua Kklaster Mimika, 17 wartawan dipastikan siap liput PON XX Papua 2021 sementara 1 wartawan lainnya dinyatakan gugur.

ads

UKW yang mengusung tema Wartawan Kompeten dan Bertanggungjawab Sukseskan PON XX Papua, menghadirkan tiga orang penguji yakni Suwardi Tahir dari Makassar, Taufan Pamungkas dari Jakarta dan Ishak Matulessy dari Ambon.

“Hasil dari UKW peserta selama dua hari, yang terdaftar 18 orang dan satu orang mengundurkan diri. Hasilnya, dari 17 wartawan ada yang berkompeten yang berjumlah 17 orang,” kata Taufan membaca lembar hasil ujian, Rabu (22/9).

Disampaikannya, para wartawan Timika yang berpredikat kompeten harus bisa menjadi contoh bagi teman wartawan lainnya yang belum mengikuti UKW.

“Selamat kepada teman teman yang berpredikat kompeten dan semoga bisa ditularkan kepada wartawan lainnya yang ada di Timika. Harus ada bedanya, sebelum ikut ujian dan setelah ikut ujian,” ucap Taufan.

Sementara salahsatu Penguji, Suwardi Tahir mengatakan, kemampuan wartawan Timika yang mengikuti UKW cukup mumpuni.

Menurutnya, secara umum wartawan Timika sudah siap meliput PON XX Papua dengan baik.

Kesiapan itu lanjutnya, dapat dilihat dari semangat para peserta dalam mengikuti UKW dan dengan hasil yang cukup baik.

“Saya lihat teman-teman wartawan di Timika punya semangat dan kemampuan yang cukup baik, selama mengikuti materi tidak terlalu sulit dalam menjawabnya karena sudah terbiasa, sehingga diharapkan bisa dengan baik liput PON Papua,” katanya.

Suwardi Tahir yang juga selaku Komisaris di media fajar.co.id itu mengakui tulisan-tulisan yang dihasilkan oleh wartawan Timika dapat memberikan kesan positif bagi para pembaca, khususnya dalam peliputan pertandingan PON XX Papua.

Hal ini dibuktikan dari 10 materi yang diberikan, termasuk cara mencari data peliputan hingga etika wawancara terhadap narasumber seluruhnya dapat diselesaikan dengan cepat dan mudah.

“Ilmu yang didapat melalui beberapa materi, semoga bisa diterapkan nanti di lapangan, dilihat juga etika teman wartawan saat berkomunikasi dengan narasumber sudah sangat baik, saya pastikan semua siap liput PON XX Papua,” ungkapnya.

Sementara itu, Spedy Paereng mewakili Humas dan PPM PB PON XX Klaster Mimika menyampaikan terimakasih kepada tim penguji yang sudah datang dari luar Papua membantu wartawan Timika menjadi berkualitas melalui UKW.

“Terima kasih kepada Panitia Sub PB PON Mimika, PWI Papua , SIWO PWI Pusat dan lebih khusus kepada tim penguji yang sudah bisa hadir di Timika untuk menguji kompetensi teman teman wartawan,” pungkasnya.

Selanjutnya giat UKW secara resmi ditutup oleh Ketua Seksi Wartawan Olahraga (SIWO) PWI Pusat Abdul Munib. (rul)

17 Wartawan Timika yang berhasil mengikuti UKW:

  1. Husyen Al
  2. Edy Yudha Permana
  3. Kristina Rejang
  4. Yonri Revolt
  5. Tobias Felix Rumpaisum
  6. Iwan Makatita
  7. Abi Suza Hutagalung
  8. Fernando Patriot Rahawarin
  9. Rachmat Julaini
  10. Alfrina Hutapea
  11. Moch Sahirol Layeli
  12. Kristin Rayar
  13. Bobby S Yakadewa
  14. Muh Yamin
  15. Reno Guritno
  16. Fachruddin Aji Mufrifin
  17. Jefri Manehat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *