Hari Terakhir Gulat PON XX, Kaltim Dominasi Medali Emas

by -
Aksi pegulat Kaltim, Ashar Ramadhan (merah) saat melakukan bantingan pada pegulat Jatim, Agus Fajar (hijau) dan berhasil menang di final. (Foto: Humas PB PON/Billy).
Aksi pegulat Kaltim, Ashar Ramadhan (merah) saat melakukan bantingan pada pegulat Jatim, Agus Fajar (hijau) dan berhasil menang di final. (Foto: Humas PB PON/Billy).


Merauke, fajarpapua.com – Hari terakhir pertandingan cabang olahraga gulat Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021 memperebutkan medali emas pada tiga (3) kelas gaya Greco Roman (GS) putra di GOR Futsal Hiad Sai Merauke, Kami (14/10).


Tiga kelas cabang olahraga gulat yang dipertandingkan adalah kelas 87 kg gaya Greco Roman (GS) putra, kelas 97 kg gaya Greco Roman (GS) putra dan kelas 130 kg gaya Greco Roman (GS) putra.


Di kelas 87 kg gaya Greco Roman (GS) putra, medali emas diraih pegulat Jawa Timur, Lulut Gilang Saputra, setelah di final mengalahkan pegulat tuan rumah Papua, Semurung Siregar dengan skor poin tipis 4-3. Pegulat Papua Sumurung Siregar hanya mendapatkan medali perak.

IMG 20211014 WA0019
Aksi pegulat Jatim, Lulut Gilang Saputra saat mengalahkan pegulat Papua, Sumurung Siregar di kelas 87 kg GS putra. (Foto: Humas PB PON/Billy).


Medali perunggu diraih pegulat Kalimantan Timur, Henry Hidayat, setelah pada babak perebutan tempat ketiga mengalahkan pegulat DKI, M. Rudiansyah dengan skor poin 10-1.

Di kelas 97 kg gaya Greco Roman (GS) putra medali emas diraih pegulat Kalimantan Timur, Ashar Ramadhan setelah di final mengalahkan pegulat Jawa Timur, Agus Fajar dengan skor 9-0. Pegulat Jawa Timur, Agus Fajar hanya mendapatkan medali perak.


Sedangkan medali perunggu diraih pegulat Kalimantan Selatan, M. Riska, setelah pada babak perebutan tempat ketiga mengalahkan pegulat Jawa Barat, Seni Kristian dengan skor poin tipis 7-6.

BACA JUGA:  Purna Tugas di PON XX, Brimob Gorontalo Pamit, Sayonara!


Di kelas 130 kg gaya Greco Roman (GS), medali emas direbut oleh pegulat Kalimantan Timur, Papang Ramadhan, medali perak diraih Pegulat Jawa Timur, Axel Manuel dan medali perunggu diraih pegulat Jawa Barat Aditya Eka.


Di kelas 130 kg gaya Greco Roman (GS) putra ini perolehan kemenangan dengan sistem kompetisi penuh karena peserta yang mengikutinya berjumlah 5 orang alias ganjil, sehingga yang poinnya paling tinggi menjadi pemenang pertama atau juara.

Sistem kompetisi penuh, dimana kelima pegulat saling bertemu. Diantara 5 pegulat masing-masing pegulat bermain 4 kali.

Pegulat yang paling banyak meraih kemenangan atau tidak pernah kalah yang berhak meraih juara atau memperoleh medali emas.


Pegulat Kalimantan Timur, Papang Ramadhan meraih kemenangan penuh dengan 4 kali bertanding, 4 kali menang dan tidak pernah kalah.

Tim gulat Kalimantan Timur mendominasi perolehan emas di hari terakhir yakni 2 emas dan 1 perunggu, Jawa Timur 1 emas dan 2 perak, Papua 1 perak, Kalsel 1 perunggu dan Jabar 1 perunggu. (hrs)

INFO IKLAN 0812-3406-8145 A valid URL was not provided.