D’Masiv dan Mitha Tampil di Gebyar PON di Timika Indah, Menutup Semua Rangkaian PON XX Papua

by -
Otniel Deda di lokasi Gebyar PON di Lapangan Timika Indah.
Otniel Deda di lokasi Gebyar PON di Lapangan Timika Indah.

Timika, fajarpapua.com – Rangkaian Gebyar Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua Tahun 2021 telah dilaksanakan di tiga klaster yakni di kota Jayapura, Kabupaten Jayapura dan Merauke.

Dengan demikian, Kabupaten Mimika sebagai salah satu cluster Penyelenggara PON XX Papua akan menjadi sentral penutupan Gebyar PON XX yang akan dilaksanakan pada Jumat (15/10) mulai pukul 09.00 WIT hingga 21.00. WIT.

Sebelum dilaksanakan Panitia Besar (PB) PON Bidang Upacara Provinsi Papua yang merupakan penanggung jawab kegiatan mengadakan Gladi Bersih pada Kamis (14/10).

Ditemui disela-sela kegiatan, Ketua Panita Gebyar PON Provinsi Papua di Empat Klaster, Otniel Deda mengatakan Gebyar PON merupakan salah satu media informasi kepada seluruh masyarakat Indonesia tentang pelaksanaan PON di Papua.

Gebyar PON menunjukan bahwa tidak hanya mampu dan siap, namun Papua secara keseluruhan telah sukses menyelenggarakan event nasional terbesar yakni PON XX.

“Ini juga sebagai media untuk mengekspos potensi-potensi kearifan lokal yang terdiri dari kuliner dan kerajinan tangan serta talenta yang dimiliki baik lokal maupun nasional,” imbuhnya.

Otniel Deda menambahkan, Gebyar PON menjadi media strategi untuk mengumpulkan potensi-potensi dan kearifan lokal, yang mana Kabupaten Mimika merupakan kabupaten yang kental dengan nilai-nilai adat istiadat.

“Kami siapkan fasilitas dengan konsep panggung dan lighting yang mewah. Para pelaku Usaha Menengah dan Mikro Kecil (UMKM) baik lokal maupun dari luar Papua juga berkolaborasi untuk terlibat dalam mengekspos dan memunculkan potensi lokal untuk diketahui oleh masyarakat Mimika dan luar Papua,” ungkapnya.

Dikatakan di Gebyar PON ini disediakan lebih dari 30 stand bagi pelaku usaha yang tergabung dalam UMKM sehingga masyarakat bisa datang untuk melihat dan berbelanja.

“Bapak ibu bisa datang belanja, lihat dan berpartisipasi sehingga dampak ekonomi dalam Gebyar PON ini bisa dirasakan oleh pelaku usaha. Masyarkat bisa menikmati acara, mendapat hiburan musik dan tarian, menikmati kuliner dan kerajinan tangan yang merupakan kearifan lokal Mimika,” ujarnya.

BACA JUGA:  Purna Tugas di PON XX, Brimob Gorontalo Pamit, Sayonara!

Namun Deda mengingatkan, bagi masyarakat yang akan datang untuk menonton agar wajib mengikuti protokol kesehatan yakni memakai masker, menjaga jarak, menyiapkan surat vaksin dan akan di rapid sebelum masuk.

“Kita berharap lewat Gebyar PON ini panggung dimanfaatkan secara baik untuk menyampaikan kepada masyarakat Indonesia bahwa Papua dengan slogan Torang Bisa sangat siap, mulai dari pembukaan hingga penutupan sangat siap. Ini merupakan kerja keras yang luar biasa dan didukung penuh oleh pemerintah, stakeholders dan masyarakat Mimika sendiri,” ungkapnya.

Sebagai Ketua Panitia ia mengucapkan terimakasih kepada Bupati Mimika Eltinus Omaleng, Wakil Bupati Mimika Johannes Rettob, dan segenap panitia Sub Klaster Mimika serta TNI Polri atas kesuksesan menyelenggarakan PON di Mimika termasuk memberikan ijin terselenggaranya kegiatan Gebyar PON ini.

“Kita akan mulai besok dari pukul 09.00 wit hingga pukul 21.00 wit dan juga ditayangkan live streaming. Even organiser ini dari Jakarta. Kegiatan ini diselenggarakan di akhir penutupan PON karena memang merupakan permintaan bupati, dan karena jadwal dari persiapan tuan rumah,” jelasnya.

Gebyar PON XX Papua Klaster Mimika ini menutup seluruh rangkaian di semua empat Klaster tuan rumah PON XX dan sekaligus menutup pelaksanaan PON XX di Mimika.

“Artis nasional yang akan tampil adalah D’Massiv, Mitha Talahattu, ada juga dari provinsi seperti Hanafi Singer, Robby Sawaki dan artis lokal lainnya. Kolaborasi para artis ini merupakan keunikan kekayaan kita di bumi pertiwi ini,” pungkasnya. (—–)

INFO IKLAN 0812-3406-8145 A valid URL was not provided.