Listrik PLN Terpasang, Bantu Tumbuhkan Geliat Ekonomi Warga Tiga Kampung di Distrik Amar

by -
Warga Ipaya kini menikmati penerangan listrik.
Warga Ipaya kini menikmati penerangan listrik.

Ipaya, fajarpapua.com – Dengan terpasangnya Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di tiga kampung di Distrik Amar diharapkan membantu menumbuhkan dan mengembangkan ekonomi masyarakat setempat.

Terlebih dengan adanya listrik, warga bisa mengoperasikan mesin pembeku atau frezer sehingga komoditas laut hasil tangkapan warga bisa diawetkan sebelum dijual ke Timika.

Manager UP3 PLN Timika, Martinus Irianto Pasensi kepada fajarpapua.com pekan lalu mengatakan warga di Kampung Ipiri, Paripi dan Yaraya atau Wilayah Ipaya di Distrik Amar akan menikmati manfaat langsung dengan adanya listrik tersebut.

Menurutnya, warga tiga kampung yang merupakan nelayan tradisional kini sudah bisa menampung ikan, udang, cumi serta hasil laut lainnya di alat pendingin sehingga tidak mudah rusak atau menurun kualitasnya.

“Para nelayan di Ipaya sekarang sudah bisa membeli frezer yang kecil untuk menampung hasil laut tangkapannya. Hasil tangkapan mulai sekarang tidak hanya untuk makan tapi bisa diawetkan untuk dijual ke Timika,” ujarnya.

Dengan adanya listrik lanjutnya, secara langsung warga di tiga kampung juga bisa mulai berbisnis apa saja selain sektor perikanan.

“PLN hadir untuk membantu masyarakat mengembangkan usaha sektor kelautan yang memang menjadi komoditas andalan warga Ipaya. Disini kaya akan ikan, udang, cumi, dan kepiting tetapi selama ini hanya sebatas untuk konsumsi atau dijual murah karena takut rusak,” kata Martinus. (mar)

A valid URL was not provided.