Gosok Sagu di Wajah Tuan Rumah, Unik !!! Tandai Awal Tahun 2022, Warga Kamoro Timika Seka Keliling Kampung

by -
Warga Suku Kamoro Nawaripi menggelar seka massal dari rumah ke rumah.
Warga Suku Kamoro Nawaripi menggelar seka massal dari rumah ke rumah.

Timika, fajarpapua.com – Lain ladang lain belalang, lain lubuk lain ikannya. Setiap daerah mempunyai kebiasaan unik merayakan sesuatu.

Seperti yang dilakukan warga suku Kamoro di Kampung Nawaripi Timika, Papua. Menandai awal tahun baru 2022, warga suku terbesar di Mimika itu menggelar tarian seka keliling kampung.

Yang membuat moment ini unik, saat seka massal ini sekelompok warga mengunjungi rumah-rumah warga lain sambil menggosok sagu di muka di tuan rumah yang dikunjungi.

Pada Minggu (2/1/2022), dilakukan seka massal di halaman Balai Latihan Kerja Kampung Nawaripi, Distrik Wania, Mimika.

Tradisi yang disebut seka keliling ini, menjadikan kebersamaan warga Kamoro dengan warga lain termasuk aparatur kampung dan pihak kepolisian dari Pos Peka Nawaripi sangat terasa.

Seka juga diwarnai dengan sagu basah yang digosok di muka Kepala Kampung Nawaripi, Norbertus Ditubun dan keluarga sebagai tanda kasih sayang.

“Ini kegiatan sambut tahun baru, mereka seka keliling kampung. Ini tradisi masyarakat asli kampung Nawaripi dari Suku Kamoro,” ucap Norbertus.

Ia juga menjelaskan kegiatan ini merupakan tradisi warga kamoro turun-temurun. Pada moment itu semua saling memaaf-maafan.

Dari BLK, seka dilanjutkan ke depan Pos Peduli Keamanan (Pos Peka) Kampung Nawaripi, lalu dilanjutkan keliling kampung.

Pada kegian tarian tradisi ini, diisi dengan nyanyian lagu daerah dari suku Kamoro oleh para pemuda-pemudi.

Anggota Badan Musyawarah Kampung Nawaripi, Moses Aikawe menuturkan seka dari rumah ke rumah merupakan kegiatan yang dilakukan setiap pergantian tahun.

Moses menambahkan, kegiatan tersebut dalam rangka memberikan kesegaran, kesenangan dan kegembiraan kepada seluruh warga kampung.

“Kegiatan ini untuk kasih segar, kasih senang, kasih gembira untuk semua warga tanpa terkecuali,” terang Moses. (mar)

A valid URL was not provided.