BERITA UTAMAPAPUA

Jusuf Kalla Lantik Dewan Kehormatan dan Pengurus PMI Provinsi Papua Masa Bakti 2022-2027

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
3
×

Jusuf Kalla Lantik Dewan Kehormatan dan Pengurus PMI Provinsi Papua Masa Bakti 2022-2027

Share this article
IMG 20220629 WA0049
Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Muhammad Jusuf Kalla saat melantik pengurus PMI Papua.

Jayapura, fajarpapua.com– Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Muhammad Jusuf Kalla pada Rabu (29/6), melantik Dewan Kehormatan dan Pengurus PMI Provinsi Papua masa bakti 2022-2027 di Gedung Negara Dok V Atas Jayapura.

ads

Adapun pengurus PMI yang dilantik yakni Yulce W. Enembe sebagai Ketua Dewan Kehormatan PMI Papua, Ketua PMI Papua, Zekius Degei dan sejumlah pengurus lainnya.

Mantan Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla berharap kepada pengurus Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Papua yang baru dilantik agar bersinergi dengan pemerintah dan semua pihak dalam membantu kemanusiaan, membantu masyarakat bila dibutuhkan.

“Kita harap kepada PMI Papua apabila ada bencana dan masalah-masalah pada masyarakat bisa membantu mengatasinya, dan juga perlu mepersiapkan darah dengan menyelenggarakan donor darah,”ujar Jusuf Kalla kepada wartawan usai melantik pengurus PMI Papua di Jayapura.

Kalla mengatakan beberapa hal pokok tersebut sangat penting untuk kehidupan masyarakat di Indonesia khususnya di Papua.

Sementara itu, Asisten Bidang Umum Setda Papua, Derek Hegemur mewakili Gubernur Papua, Lukas Enembe, mengharapkan, PMI Papua dapat memberikan kontribusi yang lebih baik dalam melaksanakan tugas kemanusiaan khususnya di wilayah Provinsi Papua.

“PMI Papua telah memberikan pelayanan semoga dapat memberikan kontribusi yang lebih baik dalam melaksanakan kemanusiaan terutama dalam hal urusan kebencanaan, kebutuhan darah, pengungsian, lingkungan hidup dan sebagainya,”kata Derek Hegemur.

Ia mengutarakan, PMI selalu berperan besar dan tanggap alam memberikan pertolongan, karena PMI dan tenaga sukarelanya selalu memiliki hati dan tenaga untuk menjalankan tugas kemanusiaan yang sangat mulia itu.

Selain itu, PMI merupakan organisasi kemanusiaan terbesar di dunia dan juga secara nasional. Para relawannya tersebar sampai ke seluruh penjuru dari Provinsi, Kabupaten/Kota, Kecamatan/Distrik maupun Desa/Kampung baik secara nasional maupun di wilayah Provinsi Papua.

Mengingat sebagian wilayah di Provinsi Papua sulit dijangkau sehingga tidak menutup kemungkinan bila terjadi bencana akan mengalami kesulitan untuk memberikan pertolongan bagi setiap korban yang mengalami bencana tersebut.

“Dengan keterbatasan tersebut perlu segenap pihak terkait untuk saling menopang dan bekerja secara Tim dan bergandengan tangan,”ujarnya.

Derek Hegemur menamakan, dalam upaya mengatasi peristiwa bencana bila terjadi di kemudian hari. PMI Provinsi Papua juga telah berkontribusi aktif dalam menyediakan kebutuhan darah melalui Unit Donor Darah (UDD) PMI di kabupaten/kota di wilayah Provinsi Papua.(hsb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *