BERITA UTAMAPAPUA

DPD Sebut Pemerintah Komitmen Berantas Mafia Tanah di Papua Barat

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
6
×

DPD Sebut Pemerintah Komitmen Berantas Mafia Tanah di Papua Barat

Share this article
IMG 20220919 WA0092 1
Suasana kunjungan kerja DPD RI di lingkungan Pemerintah Daerah Kota Sorong, Senin (19/9)

Sorong, fajarpapua.com – Dewan Perwakilan Daerah atau DPD RI menyebutkan bahwa pemerintah nyatakan komitmen untuk memberantas mafia tanah di Indonesia termasuk di wilayah Provinsi Papua Barat.

“Komitmen pemerintah melindungi masyarakat dari mafia tanah melalui instruksi Presiden kepada aparatur terkait dan penegak hukum agar turun ke daerah memberantas mafia tanah,” kata Wakil Ketua Komite I DPD RI, Filep Wamafma dalam kunjungan kerja di kota Sorong, Senin.

ads

Dia mengatakan bahwa DPD sudah bertemu dengan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Kapolri dan Jaksa Agung serta Menteri Luhut Panjaitan semua berkomitmen untuk memberantas mafia tanah di Indonesia termasuk di Papua Barat.

Karena itu, kata Filep, kunjungan kerja ke Papua Barat hari ini untuk belanja masalah atau untuk mendengarkan aspirasi masyarakat dan pemerintah daerah tetangga reformasi agraria.

“Kami sudah berdialog dengan masyarakat adat dan pemerintah daerah wilayah Sorong dan mendapatkan banyak masukan tentang agraria yang akan ditindaklanjuti oleh pemerintah pusat,” ujarnya.

Ia mengungkapkan bahwa hasil dialog dengan masyarakat adat dapat disimpulkan bahwa mafia tanah di wilayah Papua Barat ada.

Sebab itu, hasil dialog tersebut menjadi referensi bagi DPD RI untuk melakukan pembahasan lebih lanjut dengan Kementerian terkait guna memberantas mafia tanah tersebut.(ant)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *