BERITA UTAMAINTERNASIONAL

Breakingnews – Paus Emeritus Benediktus XVI Meninggal Dunia

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
25
×

Breakingnews – Paus Emeritus Benediktus XVI Meninggal Dunia

Share this article
IMG 20221231 WA0132
Kabar wafatnya Paus Benediktus XVI

Jakarta, fajarpapua.com – Paus Emeritus Benediktus XVI meninggal dunia sekitar pukul 9.34 waktu Vatikan di Biara Mater Ecclesiae Vatikan.

Informasi meninggalnya mantan pemimpin tertinggi gereja katolik dunia itu dilaporkan melalui laman vatican news.

ads

“Dengan dukacita saya menginformasikan kepada Anda bahwa Paus Emeritus, Benediktus XVI, meninggal dunia hari ini pukul 9:34 di Biara Mater Ecclesiae di Vatikan. Informasi lebih lanjut akan diberikan sesegera mungkin,” tulis Matteo Bruni Direktur Kantor Pers Takhta Suci sebagaimana disiarkan laman tersebut.

Sebelumnya Vatikan menyatakan pada Jumat (30/12/2022), mantan Paus Benediktus XVI sempat dalam kondisi stabil, setelah dua hari kesehatan pria berusia 95 tahun itu memburuk.

Benediktus, yang pada 2013 menjadi Paus pertama sejak Abad Pertengahan yang mengundurkan diri sebagai pemimpin Umat Gereja Katolik sedunia, telah dalam kondisi kesehatan yang rapuh selama bertahun-tahun.

Tetapi Paus Fransiskus mengatakan pada Rabu bahwa pendahulunya, yang bernama lahir Joseph Ratzinger, “sakit parah”.

“Saat ini, kondisinya stasioner,” kata kantor pers Vatikan, seraya menambahkan bahwa Benediktus telah beristirahat dengan baik semalaman dan mengikuti misa yang diadakan di kamar tidurnya.

Benediktus pindah dari istana kepausan ke bekas biara di Vatikan ketika dia pensiun.

Paus Fransiskus pada hari Rabu, meminta umat untuk mendoakannya, sebelum mengunjunginya di biara Mater Ecclesiae.

Vatikan kemudian mengonfirmasi bahwa kesehatan mantan Paus telah memburuk “karena usia lanjut”, sementara sumber Vatikan mengatakan kepada AFP bahwa kondisi itu mulai memburuk “sekitar tiga hari yang lalu”.

“Fungsi vitalnya gagal, termasuk jantungnya,” kata sumber itu, menambahkan bahwa tidak ada rencana rawat inap di rumah sakit, karena ia memiliki “peralatan medis yang diperlukan” di rumah.

Keuskupan Roma akan mempersembahkan misa khusus untuk Benediktus di Basilika St John Lateran Jumat malam.(red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *