BERITA UTAMAMIMIKA

Pemda Mimika Siapkan Administrasi Proses Penyerahan DPA Tahun 2023, Diperkirakan Rabu Pekan Ini

cropped cnthijau.png
4
×

Pemda Mimika Siapkan Administrasi Proses Penyerahan DPA Tahun 2023, Diperkirakan Rabu Pekan Ini

Share this article
IMG 20230206 WA0004
Plt Sekda Mimika Petrus Yumte

Timika, fajarpapua.com – Pemerintah Daerah Kabupaten Mimika tengah menyiapkan administrasi sebelum penyerahan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) sambil menunggu petunjuk dari Plt Bupati Mimika.

Hal itu diungkapkan Plt Sekretaris Daerah Kabupaten Mimika Petrus Yumte usai memimpin apel pagi di Lapangan Kantor Bupati, Senin (6/2).

Ads

“Kami siapkan administrasi, soal DPA itu Bupati nanti beliau arahkan kapan kita tinggal tunggu petunjuk dari Bupati, kita siapkan administrasinya supaya pada saat penyerahan DPA itu proses lelang jalan tidak lagi menunggu menunggu,” ujarnya kepada wartawan di Kantor Pusat Pemerintahan SP3.

Pemda juga sedang mengejar penginputan Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan (SIRUP).

“Secara administrasi siap tinggal DPA kapan beliau mau serahkan tapi kita punya target supaya APBD jalan lebih cepat lebih baik, supaya serapan ini tercapai. Sebenarnya target dari minggu kemarin tapi ada perubahan dari provinsi kode provinsi mereka bilang nanti selesaikan di Rabu Minggu ini,” katanya.

“Target hari Rabu harus sudah, tidak boleh lagi tergantung, Mimika APBD besar tapi penyerapannya kecil untuk itu kita mau genjot supaya jangan sampai proses terkendala, kalau belakangnya terkendala pasti kedepannya terkendala terus, ” lanjutnya.

Dijelaskan juga sebagian pengerjaan yang tidak diproses merupakan hutang, Plt Bupati sudah arahkan kepada OPD, Inspektorat hingga keuangan untuk memverifikasi hutang hutang tersebut.

“Sebagian besar yang tidak diproses merupakan hutang dan Bupati sudah arahkan ke OPD Inspektorat, keuangan untuk memverifikasi hutang hutang itu ketika di perubahan dokumen sudah siap dibayarkan,” ungkapnya.

Tidak diprosesnya pekerjaan tersebut menurutnya lantaran lelang yang terlambat, bahkan dilakukan lelang pada bulan Oktober atau mendekati akhir tahun.

“Mungkin lelangnya terlambat, pengajuan segala macam, salah satu mungkin lelang yang terlambat, ada yang baru bikin di bulan Oktober ada yang di bulan September jelas kapan kerjanya, makanya kita coba menekan ini, minimal yang berikut jangan terlalu fatal,” tutupnya. (feb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *