BERITA UTAMAMIMIKA

Tahun 2022 : Intervensi Program Gizi dan KIA di 7 Distrik, 28 Posyandu Berdiri Layani Ribuan Peserta

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
10
×

Tahun 2022 : Intervensi Program Gizi dan KIA di 7 Distrik, 28 Posyandu Berdiri Layani Ribuan Peserta

Share this article
ypmak2
Pemeriksaan kesehatan bagi balita.

Timika, fajarpapua.com – Yayasan Pemberdayaan Masyarakat Amungme dan Kamoro (YPMAK), selaku pengelola dana kemitraan PT. Freeport Indonesia, menjalankan program Gizi dan KIA (Kesehatan Ibu dan Anak).

Kegiatan ini merupakan salahsatu bagian dari Program Kampung Sehat yang dijalankan oleh Divisi Kesehatan YPMAK dimana dalam pelaksanaannya menggandeng Pelkesi Wilayah V selaku mitra pelaksana.

ads

Dikutip dari laporan akhir tahun 2022, diketahui bahwa YPMAK menargetkan menurunkan angka kematian ibu dan balita di kampung-kampung sasaran dan program perbaikan gizi balita.

Untuk mencapai target tersebut, Tim Kampung Sehat melakukan berbagai kegiatan diantaranya; melatih 94 kader dengan pelatihan intens dan berkelanjutan, kemudian melakukan sebanyak 10 kali kelas ibu hamil (bumil) diikuti oleh 92 orang bumil, pemeriksaan dan USG bagi 30 bumil.

Selain itu terlaksananya Posyandu di kampung yaitu sebanyak 28 Posyandu dengan total 1.219 peserta, 7 persalinan ditolong tenaga kesehatan Kampung Sehat serta kunjungan nifas untuk 18 bumil.

Ada lagi, program edukasi masyarakat suluh yaitu sebanyak 309 masyarakat mendapat penyuluhan KIA, 75 bayi direhabilitasi karena terjadi malnutrisi atau kekurangan nutrisi dan pemberian vitamin A bagi 372 balita.

Adapun kampung sasaran Program Kampung Sehat YPMAK di 7 distrik adalah Kampung Amungun, Aramsolki, Kiliarma, Emkoma Halama, Fakafuku, Distrik Akimuga, kemudian Kampung Kapiraya, Distrik Mimika Barat Tengah, Kampung Aparuka, Distrik Mimika Barat Kampung Aindua dan Umar Ararau, Distrik Mimika Barat JauhKampung Keakwa, Aikawapuka, Mioko, dan Timika Pantai, Distrik Mimika Tengah, kampung Ohotya/Otakwa, Distrik Mimika Timur Jauh, serta Kampung Sumapro, Waituku, dan Bulumen di Distrik Jita. (tora/miskan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *