BERITA UTAMAJayapura

Sering Beraksi di Pertigaan Genyem Sentani, Kawanan Pelaku Curah Dibekuk Timsus Cycloop

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
5
×

Sering Beraksi di Pertigaan Genyem Sentani, Kawanan Pelaku Curah Dibekuk Timsus Cycloop

Share this article
IMG 20230410 WA0042
Pelaku saat diamankan

Jayapura, fajarpapua.com– Timsus Cycloop Polres Jayapura pada Senin (10/4) dinihari menangkap kawanan pelaku pencurian dengan kekerasan (Curas) yang sering beroperasi di Kali Kering, Distrik Waibu, Kabupaten Jayapura.

Penangkapan pelaku inisial EK (24) dan MM (23) dipimpin langsung Kasat Reskrim Iptu Sugarda di rumahnya saat sedang asik pesta minuman keras.

ads

Iptu Sugarda mengungkapkan keduanya merupakan pelaku kasus Curas yang menimpa korban Asri Jalil (34) pada hari Jumat (7/4) lalu sekitar pukul 04.45 WIT saat hendak berangkat kerja di Bandara Sentani.

“Korban saat itu hendak berangkat kerja dari rumahnya di Doyo Baru menuju Bandara Sentani dengan menggunakan sepeda motor. Sesampainya di pertigaan Jalan Genyem Sentani sekitar pukul 04.30 WIT, korban dicegat oleh EK yang memegang pisau dan meminta rokok kepada korban namun korban tidak memberi karena tidak membawa rokok,” ungkap Sugarda.

Ia menjelaskan, saat melakukan aksinya pelaku diketahui tidak sendiri, MM (23) yang juga memegang pisau membantu mencekik korban dari arah belakang yang masih dalam posisi duduk diatas motor. Karena merasa terdesak, korban berusaha melepaskan diri dan mencabut kunci motornya namun EK langsung mengayunkan pisau kearah tangan korban dan mengenai pergelangan tangan kanan korban.

“Korban yang dalam keadaan terluka menjatuhkan motornya di jalan, tidak menyerah pelaku menarik korban kearah kebun singkong warga yang berada di pinggir jalan raya, setelah itu pelaku mengambil barang – barang berharga milik korban seperti HP dan dompet yang berisi kartu – kartu penting,”katanya.

Dikatakan Sugarda, setelah pelaku berhasil melakukan aksinya kedua pelaku langsung pergi menggunakan sepeda motor milik korban, sementara korban berusaha meminta tolong kepada pengguna jalan yang melintas, namun tidak ada yang berhenti karena korban dikira orang mabuk, sehingga beberapa menit kemudian teman kerja korban melintas kemudian membawa korban ke RSUD Yowari.

Kasat Reskrim Iptu Sugarda juga menjelaskan kedua pelaku berhasil ditangkap berkat kerja keras timnya, dimana dari hasil penyelidikan diketahui identitas dan tempat tinggal pelaku.

“Tim yang sudah mengantongi identitas kemudian mengepung rumah pelaku dan berhasil mengamankan keduanya, pelaku EK diamankan di ruang tamu pada saat sedang mengonsumsi miras bersama dua orang teman wanitanya sementara pelaku MM dalam keadaan tidur,”jelas Sugarda.

Ia mengungkapkan, kedua pelaku berhasil diamankan kemudian tim melakukan penggeledahan. Dari hasil penggeledahan, tim mengamankan barang bukti berupa satu unit sepeda motor Yamaha Jupiter Z1 warna hijau milik korban, 1 unit HP Samsung A50 S milik korban, dan 1 buah pisau dan 1 buah badik milik pelaku yang digunakan saat melakukan aksinya, serta beberapa kartu identitas milik pelaku,”Kasat Reskrim.

Karena kondisi kedua pelaku masih dalam pengaruh minuman keras sehingga belum bisa dilakukan pemeriksaan, namun telah dilakukan koordinasi terhadap korban dimana korban membenarkan bahwa keduanya merupakan pelaku curas terhadap dirinya.

“Masih akan dilakukan pengembangan lebih lanjut terhadap kedua pelaku kasus pencurian dengan kekerasan tersebut,”tuturnya.(hsb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *