BERITA UTAMAPAPUA

Gagal Bunuh Warga Sipil, Tiga Anggota KKB Papua di Yahukimo Tertangkap, Satu Senjata Api Turut Disita

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
12
×

Gagal Bunuh Warga Sipil, Tiga Anggota KKB Papua di Yahukimo Tertangkap, Satu Senjata Api Turut Disita

Share this article
IMG 20230812 WA0072
Tiga terduga anggota KKB Papua Wilayah Yahukimo yang ditangkap usai gagal membunuh warga sipil.Foto: Kolase

Jayapura, fajarpapua.com- Aparat Gabungan Ops Damai Cartenz-2023 dan Polres Yahukimo berhasil menangkap 3 orang anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Yahukimo, Kabupaten Yahukimo, Papua Pegunungan, Jumat 12 Agustus 2023.

Selain menangkap tiga anggota KKB Papua, aparat keamanan juga berhasil menyita satu senjata api rakitan laras pendek dan sejumlah barang bukti lainnya.

Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya
Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya

Kepala Operasi Damai Cartenz-2023, Kombes (Pol) Faizal Ramadhani, saat di konfirmasi mengatakan, penangkapan ketiga anggota KKB ini bermula dari adanya informasi yang diterima oleh Ipda Syahruddin terkait penodongan dan penembakan menggunakan senjata api kepada seorang warga sipil bernama Syaiful Ewa di Kompleks Jalan Sosial, Kabupaten Yahukimo.

Namun korban berhasil menyelamatkan diri upaya pembunuhan tersebut dan para pelaku langsung melarikan diri setelah kejadian itu.

“Setelah menerima informasi tersebut, anggota Gabungan Polres Yahukimo dan Satgas Gakkum Ops Damai Cartenz-2023 langsung merespon dengan melakukan razia, dan dalam Razia itu, petugas melihat cahaya dari Ponsel sekitar 100 meter dari Pos Tim Tindak Sekla.” tutur Ka Ops Damai Cartenz.

Selanjutnya petugas berhasil menangkap 3 orang yang diduga merupakan anggota KKB Papua Wilayah Yahukimo.

Dari tangan tiga orang yang diamankan, masing-masing AN (14 ) status masih pelajar, LK (20) dan WK alias Weko (20) ditemukan satu pucuk senjata api rakitan laras pendek serta sejumlah barang bukti lainnya.

“Baarang bukti yang berhasil diamankan meliputi senjata api rakitan laras pendek, sebuah bilah sangkur dengan sarung berwarna coklat dan gagang berwarna merah, sebilah parang dengan gagang berwarna hitam, dua buah tas tradisional Noken dengan warna Merah-Biru-Putih dan abu-abu, dua buah Ponsel, dan satu butir peluru kaliber 5,56mm,” jelasnya.

“Para pelaku dan barang bukti tersebut akan dilakukan investigasi lebih lanjut oleh aparat gabungan Satgas Damai Cartenz-2023 dan Polres Yahukimo untuk mengungkap keterlibatan para pelaku serta insiden penembakan dan tindakan kriminal yang terjadi di Kabupaten Yahukimo,”tutur Faizal.(hsb).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *