BERITA UTAMAMIMIKA

Rayakan HUT RI ke-78, Freeport Gelar Bakti Sosial, Hiburan Hingga Resmikan Fasilitas Olahraga Baru di Mimika Sport Complex

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
6
×

Rayakan HUT RI ke-78, Freeport Gelar Bakti Sosial, Hiburan Hingga Resmikan Fasilitas Olahraga Baru di Mimika Sport Complex

Share this article
IMG 20230812 WA0007
Berfoto bersama usai melakukan pemaparan kegiatan perayaan HUT RI ke 78 yang diselenggarakan oleh PTFI.Foto : Reyno

ads

Timika, fajarpapua.comPT Freeport Indonesia (PTFI) menggelar berbagai kegiatan dalam rangka perayaan HUT RI ke 78 di lingkungan perusahaan baik yang berlangsung di wilayah Low Land maupun High Land.

Kegiatan yang melibatkan Pemda Kabupaten Mimika serta masyarakat tersebut akan mulai tanggal 12 Agustus hingga 19 Agustus 2023 mendatang.

Hal itu disampaikan oleh Panitia HUT RI ke-78 PT Freeport Indonesia kepada media di Rumah Kopi Amungme Gold Timika, Jumat (11/8).

Mewakili Manajemen Senior Vice Presiden Community Development PTFI, Nathan Kum mengatakan, seperti tahun-tahun sebelumnya, dalam rangka merayakan HUT RI ke-78 Tahun 2023 ini Freeport melaksanakan kegiatan baik untuk internal maupun yang melibatkan pemerintah dan masyarakat.

“Jadi selain di lingkungan kita, kami juga melakukan diluar yang melibatkan masyarakat dan pemerintah. Dengan melibatkan pemerintah dan masyarakat kita menumbuhkan rasa persatuan dan kesatuan dan juga kekeluargaan sebagai warga negara Indonesia,” katanya.

Ia mengungkapkan, dengan dilaksanakan berbagai kegiatan tersebut diharapkan masyarakat dapat merasakan manfaat secara langsung dan kebersamaan dalam merayakan HUT RI.

“Diharapkan dari kegiatan ini masyarakat dapat merasakan kehadiran Freeport secara langsung, sekaligus mendorong program-program yang berkesinambungan dalam proses pengembangan masyarakat,” ungkapnya.

Selanjutnya Ketua Umum Panitia Kegiatan HUT RI ke 78 PTFI, Birat Setyoko dalam pemaparannya mengatakan untuk kegiatan di low land diantaranya digelar bakti sosial di Kampung Nawaripi, pengobatan gratis, kerja bakti dan kegiatan kerohanian.

Selanjutnya untuk di Kuala Kencana tepatnya di alun-alun antara lain upacara bendera, pertunjukan dari Sekolah Asrama Taruna Papua (SATP) dan ERG PTFI.

Kegiatan lainnya pemugaran patung Kamoro, karnaval serta parade mobil hias, festival masakan nusantara, perlombaan pagelaran budaya, fun fair games dan konser musik dan pesta kembang api.

Kemudian untuk di high land diadakan berbagai lomba dan bakti sosial edukasi kesehatan di Kampung Waa Banti, upacara bendera dan konser musik di Tembagapura.

“Khusus untuk pelaksanaan Upacara Bendera di Kuala Kencana pada 17 Agustus mendatang, Pasukan Pengibar Bendera akan melibatkan Siswa Sekolah Yayasan Pendidikan Jayawijaya, Sekolah Asrama Taruna Papua, Papua Football Academy (PFA), dan karyawan PTFI,” jelasnya.

Selain itu juga akan dilakukan peresmian fasilitas olah raga baru yang ada di Mimika Sport Complex Timika yang akan dihadiri oleh Presiden Direktur PTFI, Tony Wenas.

Ia menambahkan untuk kegiatan-kegiatan yang dilakukan di Kuala Kencana sendiri juga bisa dihadiri oleh masyarakat umum yang ingin menyaksikan kegiatan yang diselenggarakan.

“Di Kuala Kencana terbuka untuk umum tetapi kami harus menyesuaikan kapasitas di Alun-alun maksimal berapa orang. Untuk keamanan bersama jika nanti jika memenuhi kapasistas kami tutup akses masuk demi keamanan dan keselamatan masyarakat sendiri yang akan menyaksikan,”ungkapnya.

Sementara mewakili Pemda Mimika Kepala Distrik Wania Richard Wakum mengucapkan terima kasih kepada Freeport yang sudah melibatkan masyarakat dalam perayaan HUT RI ke-78.

“Atas nama pemerintah dan masyarakat kami sampaikan terima kasih semoga apa yang dilakukan oleh Freeport bisa bermanfaat untuk masyarakat,”tuturnya.(ron)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *