BERITA UTAMAPAPUA

Penjabat Bupati Mappi dan Ribuan Masyarakat Semarakkan Karnaval HUT RI ke 78

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
9
×

Penjabat Bupati Mappi dan Ribuan Masyarakat Semarakkan Karnaval HUT RI ke 78

Share this article
f7ce549d b8bc 45f9 aa53 186be5b71cf1
Penjabat Bupati Mappi saat menerima cinderamata dari peserta karnaval budaya HUT RI ke-78 di Kabupaten Mappi.Foto: MPI

Mappi, fajarpapua.com– Serangkaian kegiatan yang digelar Pemerintah Kabupaten Mappi dalam rangka merayakan Hari Ulang Tahun ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia sukses menarik perhatian masyarakat untuk turut berpartisipasi.

Seperti pelaksanaan karnaval budaya yang digelar Sabtu (12/8) yang berhasil menarik ribuan warga masyarakat untuk hadir serta turut sebagai peserta.

Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya
Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya

Dengan menggunakan pakaian beragam etnis dari berbagai suku di Indonesia para peserta melakukan parade mulai dari SMA Negeri 1 Oba’a dan finish di Taman Mappi Bangkit.

Penampilan setiap peserta disaksikan langsung oleh Penjabat Bupati Mappi, Michael Rooney Gomar bersama Forkopimda Kabupaten Mappi.

Tidak ketinggalan masyarakat suku asli Mappi yang turut serta menampilkan tarian tradisional lengkap dengan pakaian adat.

Setidaknya ada 73 kelompok yang ikut karnaval, mulai dari SD, SMP, SMA/SMK, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemkab Mappi, organisasi kemasyarakatan dan paguyuban serta Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), BUMN dan BUMD.

Meski cuaca panas, tidak menyurutkan semangat para peserta menunjukkan kebolehan.

Terlebih ketika tiba di depan garis finish dimana Penjabat Bupati Mappi serta undangan lainnya berada, setiap kelompok menampilkan atraksi sekaligus memberikan cinderamata berupa atribut adat dari berbagai daerah.

Ketua FKUB Kabupaten Mappi, RD. Fitalis R. A. Letsoin usai pelaksanaan karnaval mengatakan kegiatan ini salah satu wadah untuk mengumpulkan tokoh-tokoh lintas agama dan denominasi gereja yang ada di Mappi.

RD. Fitalis Letsoin mengatakan, masyarakat di Kabupaten Mappi begitu antusias mengikuti karnaval tersebut.

Dirinya juga berterimakasih kepada pemerintah daerah dan Panitia HUT RI ke 78 yang telah menyelenggarakan kegiatan tersebut dengan persiapan yang sangat baik.

Di kesempatan yang sama ketua Ikatan Keluarga Flobamora (IKF) Kabupaten Mappi, Robertus Uwa mengatakan pihaknya mengapresiasi pemerintah daerah khususnya Penjabat Bupati Mappi yang telah menyelenggarakan karnaval dengan melibatkan semua suku dan etnis.

“Sebagai keluarga besar Flobamora di Kabupaten Mappi kami sangat mengapresiasi selama Pj Bupati ada di Kabupaten Mappi dengan berbagai kegiatan yang bisa mempersatukan kita semua,”ungkapnya.

Dikatakan Robertus bahwa kehadiran Michael Gomar sebagai Pj Bupati diapresiasi oleh seluruh keluarga besar IKF Mappi.

IKF lanjutnya juga akan terus mendukung Pj Bupati dalam menjalankan tugas dan tanggungjawabnya di pemerintahan Kabupaten Mappi.

“Kami juga memberikan apresiasi kepada panitia HUT RI ke -78 di Kabupaten Mappi yang telah menyelenggarakan kegiatan ini sehingga melalui karnaval ini semua suku, etnis turut serta bisa mengambil bagian dalam melaksanakan kegiatan karnaval ini,”pungkasnya.(MPI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *