BERITA UTAMAPAPUA

Tarian Ja’i Goyang Agats, Kerukunan Keluarga Flobamorata Asmat Ikut Meriahkan Karnaval Budaya Nusantara

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
15
×

Tarian Ja’i Goyang Agats, Kerukunan Keluarga Flobamorata Asmat Ikut Meriahkan Karnaval Budaya Nusantara

Share this article
IMG 20230815 WA0088
Kerukunan Keluarga Flobamorata Asmat saat mengikuti Karnaval Budaya Nusantara di Kota Agats, Senin (14/8)

Asmat, fajarpapua.com – Karnaval Budaya Nusantara kembali digelar tahun ini oleh Pemda Asmat untuk memeriahkan HUT RI ke-78, Senin (14/8/2023).

Berbagai suku dan budaya Nusantara disajikan lewat busana dan tari-tarian membuat Karnaval kemarin menarik dan meriah. Bak lautan manusia baik penonton maupun peserta karnaval memenuhi lapangan Yos Sudarso Agats untuk mengikuti rangkaian acara tersebut.

Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya
Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya

Pantauan fajarpapua.com di lokasi, Karnaval Budaya Nusantara ini diikuti peserta dari lembaga pendidikan se-Kota Agats mulai dari PAUD, TK, SD, SMP, SMA, utusan SKPD, kelompok masyarakat, serta kerukunan-kerukunan keluarga yang ada di Kabupaten Asmat.

Turut serta dalam memeriahkan HUT Ke-78 RI tahun 2023 di Asmat yakni Kerukunan Keluarga Flobamorata yang tampil dengan corak khas budaya Nusa Tenggara Timur seperti busana dan tarian Ja’i yang memukau serta menyita perhatian publik kota Agats.

Koordinator kerukunan keluarga Flobamorata Siprianus Rahaq dalam keterangannya kepada fajarpapua.com, Selasa (15/8/2023) mengatakan keikutsertaan Kerukunan Flobamorata dalam Karnaval ini berdasarkan surat undangan Panitia Hari Besar Nasional (PHBN) Kabupaten Asmat untuk meramaikan HUT Kemerdekaan Negara Republik Indonesia.

“Kita mendapat undangan dari panitia untuk mengikuti karnaval. Biasanya kerukunan Flobamorata selalu diundang apabila ada acara seperti ini,” tutur pria yang akrab disapa Ransi ini.

Lebih lanjut Ransi menilai Karnaval Budaya yang digelar kemarin tidak hanya sebagai hiburan semata dalam memeriahkan HUT Kemerdekaan RI, tapi juga wadah pemersatu dan ekspresi budaya Nusantara dimana Asmat merupakan kabupaten yang sangat menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila dengan beragam budaya, bahasa, suku dan agama.

Latarbelakang keberagaman inilah menurut Ransi perlu dirawat melalui momentum seperti ini. Sehingga keharmonisan serta kedamaian di tanah lumpur Asmat terus terjaga.

“Acara seperti ini sangat penting karena akan mempersatukan kita dan membuat kita hidup berdampingan dengan rukun dan damai di tanah ini. Sehingga keterlibatan kita senantiasa karena ada nilai nilai-nilai kebersamaan yang hendak kita wariskan kepada generasi berikutnya,” pungkasnya.

Dalam acara Karnaval Budaya Nusantara ini, panitia pelaksana menyediakan berbagai macam hadiah menarik yang diundikan kepada peserta yang memperoleh kupon. Hadiah yang disiapkan diantaranya sepeda, bahan makan serta motor listrik yang merupakan hadiah utama dalam Door prize Karnaval Budaya Nusantara di Asmat tahun 2023 ini. (Jef)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *