BERITA UTAMAPAPUA

Erik Sarkol Meninggal Dunia, Apakah Festival Asmat Pokman ke-36 Tetap Dilaksanakan? Begini Penjelasan Panitia

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
15
×

Erik Sarkol Meninggal Dunia, Apakah Festival Asmat Pokman ke-36 Tetap Dilaksanakan? Begini Penjelasan Panitia

Share this article
IMG 20230831 WA0000
Alm. Erick Sarkol saat melakukan seleksi ukiran dan anyaman untuk wilayah Distrik Agats bertempat di lapangan Museum pada gelaran Festival Asmat Pokman Ke-35 tahun lalu.

Asmat, fajarpapua.com – Kurator museum Asmat Emerickus Sarkol telah meninggal dunia beberapa hari lalu. Erick Sarkol, demikian sapaan akrabnya, selain sebagai ketua Komisi Kebudayaan pada Keuskupan Agats, ia juga merupakan Ketua Panitia pelaksanaan Festival Asmat Pokman Ke-36 tahun 2023 ini.

Diketahui, sebelum meninggal, Erick Sarkol bersama Timnya ternyata telah melakukan seleksi ukiran dan anyaman di sejumlah Distrik untuk persiapan Festival Asmat Pokman Ke-36 pada Oktober mendatang. Namun seleksi tersebut tidak berlanjut karena kondisi kesehatan yang mengganggu hingga meninggal dunia pada 22 Agustus lalu.

ads

Lantas, bagaimana gelaran Festival yang telah dijadwalkan pelaksanaannya pada tanggal 7 s/d 13 Oktober ini?

Begini penjelasan panitia Festival Budaya Pokman Ke-36 dalam suratnya tertanggal 30 Agustus 2023 yang ditujukan kepada para pengukir dan penganyam di Distrik Unir Sirau, Sawa-Erma, Pulau Tiga, Joerat dan Agats.

“Dengan hormat, kita semua berduka atas berpulangnya Bapak Erick Sarkol pada tanggal 22 Agustus lalu. Bapak Erick sangat berjasa sebagai penjaga kebudayaan suku Asmat selama 49 tahun. Semoga semangat pengabdian beliau kita teruskan dengan tetap menjaga jati diri dan budaya di Kabupaten Asmat sampai anak-cucu seperti yang selalu beliau perjuangkan bersama kita.
Di tengah rasa duka ini, Bapak Uskup Agats menunjuk kami Tim seleksi untuk melanjutkan seleksi ukiran dan anyaman bagi Distrik yang belum sempat dilakukan seleksi dan nominasi oleh Bapak Erick Sarkol. Keputusan ini dilakukan mengingat waktu pelaksanaan Festival Asmat Pokman Ke-36 semakin dekat (7-13 Oktober 2023)”, demikian isi surat Panitia Festival Asmat Pokman Ke-36 yang dikutip fajarpapua.com, Rabu (30/8/2023).

Sementara itu, terkait waktu pelaksanaan seleksi, dalam surat tersebut dijadwalkan sebagai berikut;

  • Senin, 04 September 2023, seleksi ukiran dan anyaman di wilayah Distrik Unit Sirau bertempat di Gereja Komor pukul 09.00 WIT;
  • Selasa, 05 September 2023, seleksi ukiran dan anyaman bagi Wilayah Distrik Sawa-Erma, Pulau Tiga dan Joerat di lapangan Pos (Distrik Sawa-Erma) mulai pukul 09.00 WIT; sedangkan
  • Kamis, 07 September 2023, seleksi ukiran dan anyaman di wilayah Distrik Agats bertempat di lapangan Museum mulai tepat pukul 10.00 WIT.

Kemudian, Ketua Panitia Festival Asmat Pokman Ke-36 menggantikan Erick Sarkol untuk sementara waktu sebagaimana tertulis dalam surat tersebut yakni atas nama Pastor Inocentius Rettobjaan, Pr yang merupakan Vikaris Jenderal (Vikjen) Keuskupan Agats serta ketua Tim Seleksi adalah John Ohoiwirin.

Dengan demikian Festival Asmat Pokman Ke-36 tahun 2023 pada Oktober nanti tetap dilaksanakan sesuai Keputusan Uskup Agats Mgr. Aloysius Murwito, OFM dalam isi surat tersebut.
(Jef)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *