BERITA UTAMAMIMIKA

Polres Mimika Canangkan Zona Integritas Menuju WBK dan WBBM Tingkatkan Pelayanan

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
31
×

Polres Mimika Canangkan Zona Integritas Menuju WBK dan WBBM Tingkatkan Pelayanan

Share this article
IMG 20231009 WA0037
Berfoto bersama usai penandatangan pencanangan Zona Integritas di Mapolres Mimika Mile 32, Senin (9/10).

ads

Timika, fajarpapua.comPolres Mimika mencanangkan zona integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) tahun 2023. Pencangan ini untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat yang diberikan instansi pemerintah khususnya aparat kepolisian.

Pencanangan Zona Integritas tersebut ditandai dengan penandatanganan Piagam oleh Kapolres Mimika AKBP I Gede Putra dan juga para Saksi dari Pemda Mimika, Kejari Mimika, PN Kota Timika, Kodim 1710/Mimika, Awak Media dan instansi terkait lainnya di Mapolres Mimika Mile 32, Senin (9/10).

Kapolres Mimika, AKBP I Gede Putra dalam sambutannya menyampaikan bahwa keberhasilan pembangunan zona integritas sangat ditentukan oleh kapasitas dan kualitas integritas masing-masing individu, yang mempunyai relevansi dari organisasi.

“Untuk Polda Papua sampai saat ini baru 1 Polres yang mencapai predikat WBK yaitu Polres Jayapura,”ungkapnya.

Lanjut Kapolres, zona integritas adalah predikat yang diberikan kepada instansi pemerintah yang mempunyai komitmen untuk mewujudkan wilayah bebas dari korupsi (WBK) dan wilayah birokrasi bersih melayani (WBBM), dengan tujuan akhir yaitu peniadaan tindakan korupsi dan untuk peningkatan kualitas pelayanan publik.

Pencanangan pembangunan zona integritas merupakan salah satu tahapan (awal) dalam proses pembangunan zona integritas menuju WBK dan WBBM terhadap sistem penyelenggaraan pemerintahan yang efektif, efisien,pelayanan prima serta bebas dari korupsi sesuai yang tertuang pada peraturan Presiden Republik Indonesia nomor 55 tahun 2012 tentang strategi nasional pencegahan korupsi jangka panjang tahun 2012-2025.

Kapolres menyampaikan, reformasi birokrasi merupakan komitmen bagi seluruh institusi serta aparatur pemerintahan pemberian pelayanan publik dengan tujuan sehingga dapat dinilai dan dirasakan berdampak perubahan mendasar yang dilakukan secara bertahap.

“Dengan harapan mampu membentuk karakter aparatur birokrasi secara profesional yang dampak positifnya dapat dirasakan oleh masyarakat khususnya dalam bidang peningkatan pencegahan kualitas pelayanan publik dan tindakan korupsi,”ujarnya

Kapolres berharap melalui pembangunan zona integritas diharapkan setiap institusi khususnya Polres Mimika dan personelnya memiliki akuntabilitas, profesionalitas serta kualitas kinerja yang semakin baik, sehingga harapan publik terhadap pelayanan yang berkualitas, tuntas dan terukur serta mudah diakses, dengan sendirinya akan terwujud.

“Melalui pencanangan pembangunan zona integritas ini kita mengharapkan bahwa apa yang kita laksanakan kedepannya memacu semangat seluruh personel tetap terus bersinergi dalam melaksanakan tugas,”ungkapnya.(ron)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *