BERITA UTAMAPAPUA

Jelang Perayaan Natal dan Tahun Baru di Papua, PLN Bagikan Tips Gunakan Listrik Aman

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
57
×

Jelang Perayaan Natal dan Tahun Baru di Papua, PLN Bagikan Tips Gunakan Listrik Aman

Share this article
IMG 20231224 WA0158
Ilustrasi meteran listrik

Jayapura, fajarpapua.com-PT PLN (Persero) mengimbau masyarakat untuk selalu memperhatikan keamanan penggunaan listrik menjelang momen perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru). Hal ini dikarenakan tercatat adanya kenaikan 5 persen rata-rata pertumbuhan kebutuhan listrik (beban puncak) selama periode siaga Nataru tahun 2023 terhadap tahun 2022.

General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Papua dan Papua Barat, Budiono mengingatkan masyarakat untuk tetap tertib memanfaatkan tenaga listrik guna mencegah bahaya kebakaran akibat korsleting. Bagi masyarakat yang ingin berpergian diharapkan dapat memastikan keamanan instalasi listrik rumahnya sebelum berangkat..

ads

“Pernak – pernik kemeriahan perayaan natal dan tahun baru sudah mulai dirasakan semua daerah di Tanah Papua yang terlihat dari banyaknya pemasangan lampu hias, pohon natal dan berbagai peralatan elektronik tambahan. Melihat hal tersebut, keandalan sistem kelistrikan terus kami jaga agar suplai listrik kepada pelanggan tetap tercukupi. Kami berharap pelanggan bisa menggunakan listrik dengan bijak dan aman,” ungkap Budiono, Jumat (23/12/2023).

Untuk memastikan keamanan dan kenyamanan, PLN memberikan tips penggunaan listrik selama merayakan natal dan tahun baru, di antaranya;

  1. Segera cabut stop kontak alat elektronik apabila sudah tidak digunakan.
  2. Pastikan alat elektronik serta jaringan dalam instalasi rumah seperti kabel dan fitting lampu memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI) dan Sertifikat Laik Operasi (SLO) yang bisa didapatkan dari hasil inspeksi oleh Lembaga Inspeksi Teknik terdaftar.
  3. Gunakan listrik sesuai daya yang terpasang, tidak mengambil atau menyambung listrik dari tiang untuk menambah daya listrik di rumah. Hal ini sangat berbahaya karena bisa menyebabkan tersengat, beban listrik di sekitar rumah menjadi overload, sampai dengan kebakaran karena daya listrik yang masuk tidak terukur dan tidak sesuai dengan kapasitas kabel di rumah.
  4. Khusus untuk pelanggan pasca bayar, dianjurkan bayar tagihan listrik di awal bulan atau sebelum tanggal 20 agar lebih nyaman.
  5. Bagi pelanggan prabayar, diimbau untuk mengisi token listrik secukupnya dan siapkan cadangan bila diperlukan agar bisa dipakai sewaktu-waktu.
  6. Apabila daya listrik di rumah sudah tidak mencukupi, segera tambah daya secara resmi ke PLN.

Budiono menambahkan jika membutuhkan layanan PLN, pelanggan dapat langsung mengakses aplikasi PLN Mobile yang tersedia di PlayStore dan App Store. Upaya ini juga menjadi salah satu solusi PLN agar gangguan yang tidak dapat dihindari dapat ditangani segera oleh petugas di lapangan. “Semoga momen Nataru tahun ini bisa dilalui dengan sukacita, bagi masyarakat yang merayakan bisa menjalankan ibadah dengan khidmat tanpa adanya gangguan kelistrikan,” pungkas Budiono.(hsb).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *