BERITA UTAMAPAPUA

Situasi Aman, Kapolda Papua Laporkan Kesuksesan Pengamanan Malam Tahun Baru kepada Kapolri

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
40
×

Situasi Aman, Kapolda Papua Laporkan Kesuksesan Pengamanan Malam Tahun Baru kepada Kapolri

Share this article
IMG 20240101 WA0038
Laporan situasi malam tahun baru di Papua

Jayapura, fajarpapua.com – Kapolda Papua, Irjen Pol Mathius D. Fakhiri bersama Forkopimda Provinsi Papua dan Pejabat Utama Polda Papua, melalui zoom meeting memantau Sitkamtibmas Malam Pergantian Tahun Baru 2024 pada Minggu (31/12).

Kegiatan ini dipimpin Kapolri, Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo yang melibatkan sejumlah pejabat tinggi di tingkat nasional.

ads

Dari halaman GOR Cenderawasih Jayapura, Kapolda Papua melaporkan situasi keamanan terkini, menyatakan masyarakat dapat merayakan Tahun Baru 2024 dengan aman dan nyaman.

Kapolda Fakiri mengakui adanya tantangan pasca kejadian meninggalnya almarhum Lukas Enembe pada 26 Desember 2023, namun berkat koordinasi dengan tokoh masyarakat dan tokoh gereja, segala prosesi, mulai dari persemayaman hingga pemakaman, dapat diawasi dengan baik.

“Meski terjadi insiden kecil berupa kebakaran ruko dan bangunan Denkesyah Korem 172/PWY, Kapolda Papua menyampaikan bahwa situasi tersebut telah ditangani. Untuk ganti rugi rencana akan dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Papua. Pemakaman almarhum Lukas Enembe telah selesai, dan pelayat serta keluarga duka meninggalkan Kediaman Koya Tengah dengan tertib,” jelas Fakiri, Senin (1/1/2024).

Terkait Ops Lilin Cartenz-2023, melibatkan 4.402 personel gabungan TNI-Polri dan instansi terkait, telah dijalankan dengan pengamanan di 105 pospam, posyan, dan pos terpadu.

“Fokus pengamanan juga diberikan pada gereja, tempat wisata, pusat perbelanjaan, pelabuhan, bandara, dan terminal. Titik keramaian di Kota Jayapura ditetapkan di Jembatan Merah dan Holtekam, dengan penutupan tempat hiburan malam dan penjualan minuman keras untuk mengurangi angka kriminalitas,” ujar Kapolda.

Dalam sesi Zoom Meeting, Kapolri menambahkan permintaan kepada Kapolda Papua untuk mengatasi provokasi-provokasi yang mungkin muncul dan memastikan kesiapan pasukan TNI-Polri serta unsur terkait. Beliau juga menekankan pentingnya sistem buddy dan kelancaran sarana prasarana.

Dengan harapan perayaan Tahun Baru berjalan aman, Kapolri mengingatkan untuk terus berupaya meningkatkan keamanan dan kesejahteraan bersama. Seluruh pimpinan daerah diharapkan dapat memastikan tahun 2024 menjadi tahun yang lebih baik untuk semua.(hsb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *