BERITA UTAMAPAPUA

Amati Gempa Bumi, BBMKG Pasang 15 Sensor Seismograf di Jayapura

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
11
×

Amati Gempa Bumi, BBMKG Pasang 15 Sensor Seismograf di Jayapura

Share this article
IMG 20240104 WA0010

Jayapura, fajarpapua.com. Sebanyak 15 sensor seismograf, berhasil dipasang oleh Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah V Jayapura, di beberapa lokasi di sebelah utara dan selatan Pulau Papua sehingga lebih akurat dalam pengamatan gempa bumi.

Kepala Stasiun Geofisika Jayapura, Herlambang Hudha, mengatakan seismograf yang terpasang itu sudah dilengkapi sistem daya dan sistem komunikasi mandiri.

ads

“Dengan pemasangan sensor tersebut ini diharapkan lebih merapatkan jaringan sensor seismograf yang telah terpasang sebelumnya,” ujarnya.

Dalam keterangannya ia menyebutkan bahwa sebelumnya telah terpasang 10 sensor seismograf untuk kemudian ditambah lima unit lagi.

“Dengan terpasangnya sensor seismograf bakal meningkatkan akurasi pengamatan gempa bumi di Pulau Papua,” jelasnya.

Selain itu, pihaknya telah memberikan sarana penyebaran informasi Stasiun Geofisika Jayapura pada 2023, yakni Warning Resceiver System (WRS) berlokasi di RRI Kota Jayapura.

Ia menyebutkan Warning Resceiver System di RRI, merupakan penambahan WRS yang sudah terpasang di beberapa lokasi, seperti BPBD Provinsi Papua, BPBD Supiori, BPBD Timika, Lantamal X Jayapura, BPBD Kabupaten Jayapura, Basarnas Jayapura, dan Basarnas Merauke.

“Kami berharap pada 2024 ada penambahan jumlah sirine tsunami, khususnya di beberapa lokasi strategis di Tanah Papua,” tutupnya. (an)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *