BERITA UTAMAMIMIKA

Istri Mantan Pj Bupati Mimika Meninggal Dunia, Wabup John Rettob Pertanyakan Tidak Ada Pejabat yang Hadir di Rumah Duka

cropped cnthijau.png
881
×

Istri Mantan Pj Bupati Mimika Meninggal Dunia, Wabup John Rettob Pertanyakan Tidak Ada Pejabat yang Hadir di Rumah Duka

Share this article
5813f8d9 e556 4cee b470 f8a54d9cc263
Wakil Bupati Mimika Johannes Rettob Saat Menghadiri Acara Prosesi Pemakaman Ibu Anastasia Takege Minggu Sabtu 20/1 di Timika

Timika, fajarpapua.com – Mimika kembali kehilangan seorang tokoh penting, Anastasia Tekege, S.Ag., MH, yang merupakan istri mantan Pj Bupati Mimika, Ausilius You.

Kepergian mantan anggota DPRD Mimika itu mendapat simpati dari Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob. Sayangnya, meskipun dikenal sebagai figur publik namun tidak ada pejabat lingkup Pemda Mimika yang hadir di rumah duka almarhumah.

ads

Dalam kunjungannya ke rumah duka di SP 3, Sabtu (20/1), Wabup John Rettob mempertanyakan ketidakhadiran para pejabat di rumah duka.

“Kita ketahui bersama bahwa Ibu Anastasia adalah istri dari Bapak Ausilius You, seorang mantan kepala dinas, mantan Sekda, hingga mantan PJ Bupati Mimika. Ibu Anastasia sendiri adalah seorang PNS yang telah menjadi anggota DPRD selama dua periode, ketua PKK, ketua dharma wanita, dan aktif di berbagai organisasi. Namun, mengapa para pejabat kita terlihat kehilangan empati untuk berkunjung ke rumah duka?” tanya Wabup JR.

Ia mengungkapkan rasa kecewanya terhadap minimnya kehadiran pejabat di rumah duka sebagai bentuk penghormatan terakhir.

Minimnya rasa empati para pejabat juga terlihat saat seorang PNS meninggal dunia namun kepala dinasnya tidak nampak di rumah duka.

“Kami menghimbau para ASN termasuk pejabat agar tidak lupa sejarah dan rasa hormat. Mental pejabat seharusnya adalah melayani, terutama sebagai PNS. Saya prihatin dengan situasi ini, bukan hanya terjadi sekarang, bahkan pada kasus sebelumnya di mana seorang PNS meninggal, pejabat eselon 4 pun tidak datang. Rasanya empati hampir tidak ada, mereka hanya memikirkan diri mereka sendiri,” ungkap JR.

Kondisi ini bertolak belakang dimana para guru banyak yang memberikan penghormatan terakhir kepada almarhum, namun para pejabat sepertinya kurang menunjukkan rasa empati.

Selain itu, pengusaha atau kontraktor yang dekat dengan Ausilius You juga tidak hadir di rumah duka, mungkin dampak dari situasi saat ini.

“Kami menyesal karena hanya beberapa pejabat provinsi yang diwakili oleh gubernur yang hadir, namun dari pejabat Timika tidak ada yang bersedia hadir,” tambah Wabup JR.

Menurutnya, Anastasia bukan hanya seorang istri dari seorang pejabat, tapi juga sosok yang telah memberikan kontribusi signifikan dalam masyarakat dan pemerintahan. Dalam panggilan pengabdian sebagai anggota DPRD, ketua PKK, dan berbagai jabatan lainnya, almarhumah Anastasia Tekege telah memberikan dedikasi yang luar biasa untuk memajukan Kabupaten Mimika.

Wakil Bupati juga menyoroti keharusan para pejabat untuk bersikap lebih peduli dan mengedepankan pelayanan kepada masyarakat. Kehadiran di acara-acara seperti kunjungan kedukaan adalah bentuk nyata rasa empati dan kepedulian terhadap sesama, yang seharusnya menjadi sikap dasar bagi setiap pejabat.

Dalam konteks ini, Wabup Johannes Rettob mengajak seluruh jajaran pemerintahan dan masyarakat untuk merenung, memperbaiki sikap, serta membangun lingkungan yang lebih peduli dan solid di tengah-tengah kehilangan yang dirasakan oleh keluarga besar Ausilius You.(tim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *