BERITA UTAMAMIMIKA

Virus ASF Menggila! Karantina Gagalkan Pengiriman 50 Kilogram Daging Babi asal Mimika Keluar Daerah

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
262
×

Virus ASF Menggila! Karantina Gagalkan Pengiriman 50 Kilogram Daging Babi asal Mimika Keluar Daerah

Share this article
IMG 20240219 WA0018
Petugas saat melakukan pemeriksaan

 
Timika, fajarpapua.com- Ditengah menggilanya virus Demam Babi Afrika atau African Swine Fever (ASF) yang telah membunuh ribuan ternak babi di Kabupaten Mimika Balai Karantina Hewan, Ikan dan Tumbuhan (BKHIT) Provinsi Papua Tengah menggagalkan pengiriman 50 kilogram gading babi dari Kabupaten Mimika tujuan Jayapura, Papua.

Kepala Balai Karantina Hewan, Ikan dan Tumbuhan Papua Tengah, Ferdi mengatakan daging babi yang dikemas dalam empat kotak styrofoam ditolak karena tidak memiliki dokumen.

Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya
Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya

“Empat kotak daging babi dari Kabupaten Mimika ini rencananya akan dikirim ke Jayapura, Kenyam dan Paniai,” katanya.

Menurut Ferdi, media pembawa berupa daging babi ini ditemukan tanpa dokumen resmi, sehingga tidak dapat dikirim ke luar Kabupaten Mimika guna mencegah penyebaran penyakit pada hewan.

“Ada sebanyak 50 kilogram daging babi pada empat kotak styrofoam yang akan dikirimkan ke luar Mimika tetapi digagalkan oleh petugas kami karena tidak mengantongi dokumen,” ujarnya.

Dia menjelaskan upaya pengiriman daging babi tanpa dokumen lengkap ini diketahui berawal saat Pejabat Karantina Wilayah Kerja (Wilker) Bandara Mozes Kilangin Timika mendapatkan laporan hasil x-ray milik empat orang penumpang.

“Setelah dilakukan pemeriksaan, diketahui bahwa para penumpang tersebut membawa olahan daging babi serta tidak mengetahui aturan karantina,” katanya lagi.

Dia menambahkan dengan demikian maka pejabat karantina memberikan sosialisasi terkait aturan perkarantinaan terbaru khususnya produk daging babi.

“Mengingat akhir-akhir ini kejadian wabah Demam Babi Afrika atau African Swine Fever (ASF) yang sedang merebak di Timika, maka sebagai upaya antisipasi maka petugas karantina mencegah agar tidak menyebar keluar daerah,” tutupnya. (mas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *