BERITA UTAMAINTERNASIONAL

Tingkatkan Minat Masyarakat Imunisasi di Papua, Yayasan Gapai Harapan Papua dan Unicef Gelar Pelatihan KAP

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
41
×

Tingkatkan Minat Masyarakat Imunisasi di Papua, Yayasan Gapai Harapan Papua dan Unicef Gelar Pelatihan KAP

Share this article
IMG 20240307 WA0065
pelatihan KAP tingkatkan imunisasi di Posyandu

Jayapura, fajarpapua.com- Guna meningkatkan minat masyarakat untuk mau mengikuti kegiatan imunisasi di Posyandu, Yayasan Gapai Harapan Papua, Unicef bersama Dinas Kesehatan Provinsi Papua melakukan pelatihan Komunikasi Antar Pribadi (KAP) di 8 provinsi yang ada di Indonesia dan Papua.

Pelatihan KAP yang berlangsung dibeberapa Puskesmas di wilayah Kota Jayapura ini merupakan pelatihan berjenjang yang akan dilanjutkan kepada petugas kesehatan dalam hal ini adalah kader sebagai kelompok terdekat dengan masyarakat dalam pelayanan kesehatan di posyandu.

ads

Fitri penanggung jawab promosi dari Puskesmas Karang Mulia di Nabire dan menjadi pelatih/fasilitator KAP. Menyampaikan ia khusus diundang dari Nabire beserta kabupaten lainnya untuk mengikuti Komunikasi Antar Pribadi (KAP) di Jayapura.

“Kita harap melalui komunikasi antar pribadi ini bisa menarik masyarakat membawa anaknya ke posyandu mengikuti imunisasi. Dengan bawa anak ke posyandu bisa meningkatkan cakupan imunisasi,”ujar Fitri di Puskesma Twano Jayapura, Kamis (7/3/2024).

Kemudian, Fitri menyebutkan, pada kegiatan tersebut mereka juga mengajarkan tehnik komunikasi agar bisa lebih dekat dengan masyarakat khususnya di Kabupaten Nabire.

“Kalau di Nabire cakupan imunisasi lewat posyandu kami masih kejar ya supaya bisa tercapai target. Makanya kami datang kesini belajar bagaimana kita berkomunikasi pada masyarakat dalam mengajak mereka datang ke posyandu imunisasi,”katanya.

Dikatakan dia, pihakanya pun terus gencar melakukan sosialisasi pada masyarakat agar imuniasi di Nabire bisa mencapai target sesuai yang diharapkan.

Sementara untuk kegiatan KAP, lanjut Fitri, pihaknya juga pernah dilaksanakan dengan mengundang guru, petugas kesehatan, kader posyandu tetapi dengan waktu yang singkat. “Kita berharap dengan KAP bisa meningkatkan kegiatan imunisasi pada masyarakat yang datang ke posyandu,”ungkap Fitri.

Ditempat yang sama Asrah dari posyandu Dahlia 2 Terminal Entrop Jayapura mengaku dengan adanya Komunikasi Antar Pribadi (KAP) tersebut bisa meningkatkan pengetahuannya dalam pelayanan imunisasi di posyandu.(hsb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *