BERITA UTAMAMIMIKA

Susun Rencana Awal RKPD, Bappeda Mimika Gelar Forum Konsultasi Publik

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
62
×

Susun Rencana Awal RKPD, Bappeda Mimika Gelar Forum Konsultasi Publik

Share this article
IMG 20240320 WA0099
Berfoto bersama usai pembukaan.

ads

Timika, fajarpapua.com – Susun rencana awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Mimika Tahun 2025 Badan perencanaan pembangunan Daerah (Bappeda) gelar forum konsultasi publik.

Kegiatan yang mengusung tema “pembangunan infrastruktur untuk peningkatan ekonomi berbasis potensi lokal dan penguatan daya saing menuju Mimika unggul” tersebut dibuka oleh Pj Sekda Mimika Ida Wahyuni di Hotel Cartenz Timika, Rabu (20/3).

Tujuan dari Forum Konsultasi Publik adalah untuk menghimpun aspirasi atau harapan masyarakat terhadap tujuan, sasaran dan program pembangunan Daerah pada Rancangan Awal RKPD yang telah disusun Pemda Mimika.

Ida Wahyuni, dalam sambutanya saat membuka kegiatan tersebut mengatakan sebagaimana diamanatkan dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 86 Tahun 2017, forum konsultasi publik yang dilaksanakan oleh Bappeda serta diikuti oleh pemangku kepentingan pembangunan untuk mengumpul aspirasi atau harapan masyarakat terhadap tujuan, sasaran dan program pembangunan daerah.

“RKPD tahun 2025 ini merupakan penjabaran dan masa transisi dari Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2020 sampai dengan 2024 di Kabupaten Mimika yang akan menjadi tujuan dan sasaran untuk dapat dicapai di RKPD tahun 2025,”katanya.

Diungkapkan RKPD Kabupaten Mimika tahun 2025 dengan tema pembangunan infrastruktur untuk meningkatkan ekonomi berbasis potensi lokal dan penguatan daya saing menuju Mimika yang unggul sebagaimana diarahkan untuk penyelenggaraan kelangsungan pemerintah daerah dan pelayanan kepada masyarakat.

Data Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Mimika tahun 2023, index pembangunan manusia Kabupaten Mimika berada pada poin 75,91, hal ini menunjukan bahwa pembangunan yang dilakukan di bidang pendidikan,kesehatan dan peningkatan daya beli masyarakat sudah berjalan sesuai dengan harapan dan telah melampaui target yang telah ditetapkan dalam RPJMD Kabupaten Mimika.

“Sebagaimana prioritas pembangunan di tahun 2025 fokus pada penurunan kemiskinan terutama kemiskinan ekstrem, penurunan angka stunting,penanganan inflasi serta untuk indikator kinerja utama lainnya diantaranya berhubungan dengan indikator pelayanan publik,indeks kualitas layanan infrastruktur, indeks pembangunan masyarakat, indeks penurunan pelanggaran hukum diharapkan kedepan semakin membaik,”ungkapnya.

Ditegaskan bahwa kemiskinan menjadi isu yang memerlukan perhatian kita semua. Berdasarkan data dari BPS Provinsi Papua, presentase kemiskinan di Kabupaten Mimika sebesar 13,55 mengalami penurunan jika dibandingkan di tahun 2022 dan 2021 yakni 14,17 persen dan 14,28 persen.

“selama tiga tahun terakhir tingkat prsentase kemiskinan di Kabupaten Mimika nomor lima terendah di Papua setelah Merauke,Kota Jayapura,Jayapura dan Sarmi. Masih ada banyak pekerjaan yang harus dilakukan,oleh karena itu perlu kerjasama seluruh pemangku kepentingaan untuk menangani masalah kemiskinan sehingga tingkat kemiskinan di Mimika menjadi terendah di Papua,”tegasnya.

Diharapkan Mimika dapat terus maju sebagai pusat perdagangan, bisnis, transit barang dan jasa di tanah Papua dengan menggunakan kesempatan dan potensi yang ada guna pembangunan berkelanjutan.

“Semoga pertemuan hari ini memberikan partisipasi yang positif untuk penyempurnaan rancangan awal RKPD Kabupaten Mimika tahun 2025. Seluruh kepala prangkat daerah kami ingatkan agar berpartisipasi memberikan aspirasi,harapan dari berbagai pihak dapat dihimpun untuk mempertajam indikator kinerja,tujuan dan sasaran program serta perangkat daerah guna meningkatkan indikasi kinerja utama sebagai sistem pencapaiaan kinerja daerah kabupaten Mimika,”tuturnya.

Kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkup Pemkab Mimika, perwakilan BUMN-BUMD, dan instansi lainnya.(ron)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *