BERITA UTAMAMIMIKA

453 Usulan Ditolak, Forum Perangkat Daerah Kabupaten Mimika Resmi Ditutup

cropped cnthijau.png
2158
×

453 Usulan Ditolak, Forum Perangkat Daerah Kabupaten Mimika Resmi Ditutup

Share this article
5ae88cfd 64af 4514 9fb5 2c6a1acb032e
Suasanya penyampaian usulan Distrik kepada OPD dalam pelaksaan Forum Perangkat Daerah Kabupaten Mimika

Timika, fajarpapua.com – Forum Perangkat Daerah Kabupaten Mimika tahun 2024 yang diselenggarakan di salah satu hotel bilangan jalan Budi Utomo, sejak Jumat (22/3) resmi ditutup Sabtu (23/3) sore oleh Asisten I Setda Mimika, Robert Kambu.

Pelaksanaan Forum Perangkat Daerah tersebut menghasilkan 493 usulan pembangunan yang disetujui dari 946 usulan oleh 18 distrik. Sedangkan sebanyak 453 usulan ditolak.

ads

Robert Kambu saat membacakan sambutan Bupati Mimika menyampaikan, selama dua hari sejak tanggal 22 sampai dengan tanggal 23 Maret 2024 telah bersama – sama mengikuti forum perangkat daerah dan kegiatan dilaksanakan dengan diskusi dan pembahasan secara intensif antara pihak distrik dan OPD.

Hal ini dipahami karena persoalan pokok yang dihadapi dalam perencanaan pembangunan adalah terletak pada proses menentukan pilihan program kegiatan yang prioritas untuk didahulukan sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

“Disisi lain kita dihadapkan pada keterbatasan sumber daya, terutama sumber daya pendanaan. Maka pertemuan kali ini penting dalam rangka menyatukan dan menyelaraskan kebutuhan masyarakat dengan dokumen perencanaan strategis yang ada. semoga forum gabungan ini memperkaya dan menyempurnakan rancangan RKPD Kabupaten Mimika yang akan kita implementasikan pada tahun 2025 mendatang,” katanya.

Diungkapkan, hasil kesepakatan antara distrik dengan pihak OPD akan disesuaikan dengan Renja dari OPD untuk selanjutnya dibawah ke Musrenbang kabupaten yang akan digunakan sebagai bahan penyusunan RKPD, yang bertujuan untuk menetapkan arah kebijakan dan perioritas pembangunan daerah serta memastikan usulan prioritas distrik telah disepakati dalam kegiatan forum perangkat daerah.

“Saya menghimbau agar apa yang disepakati benar-benar diperhatikan. Saya juga menyampaikan apresiasi tinggi kepada organisasi perangkat daerah kabupaten Mimika serta pihak distrik yang telah bersedia hadir serta memberikan masukan dalam penyempurnaan dokumen RKPD tahun 2025,” ungkapnya.

Ditambahkan, penyelenggaraan forum perangkat daerah seperti ini, dalam proses untuk mencapai kesepakatan atara pihak distrik dan pihak OPD pasti terjadi perbedaan pendapat.

“Namun merupakan tindakan bijak dan arif bila kita menjunjung tinggi dan menghargai pendapat itu sebagai wahana untuk melakukan penyempurnaan baik pada tahap perencanaan, pelaksanaan maupun pada tahap pengawasan atas setiap kegiatan, agar sesuai dengan target dan sasaran yang telah kita tetapkan bersama,” paparnya.

“Semoga kerjasama dan semangat kita akan terus terpelihara dan ditingkatkan di masa yang akan datang demi keberhasilan tugas kita bersama terutama dalam memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat Kabupaten Mimika,” tuturnya.(ron)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *