BERITA UTAMAMIMIKA

Mantan Bupati Mimika Diusulkan Jadi Penjabat Walikota Ambon

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
442
×

Mantan Bupati Mimika Diusulkan Jadi Penjabat Walikota Ambon

Share this article
IMG 20240330 WA0009
Mantan Pj Bupati Mimika, Valentinus Sudarjanto Sumito saat menerima rombongan Mimika Dance Carnival.Foto: Dok.

Ambon, fajarpapua.com- Mantan Pj Bupati Mimika, Valentinus S Sumitro diusulkan oleh DPRD Kota Ambon untuk menduduki jabatan Penjabat Walikota Ambon, Provinsi Maluku.

Valentinus diusulkan bersama
Sekretaris DPRD Kota Ambon Apries Gaspersz, dan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Maluku Melky Lohy ke Kementerian Dalam Negeri RI dalam rapat paripurna internal, Kamis (28/3) lalu.

ads

DPRD Kota Ambon sendiri hanya punya waktu hingga 1 April 2024 mendatang untuk mengusulkan tiga nama, pasca Penjabat (Pj) Walikota Ambon, Bodewin Wattimena akan turun dari jabatan pada 24 Mei 2024 mendatang.

Untuk diketahui Wattimena telah menjabat dua kali sejak 2022-2023 dan 2023-2024.

Atas hal tersebut, Kemendagri lantas telah mengirim surat yang sudah diterima DPRD Kota Ambon, untuk segera mengusulkan nama-nama calon Pj Walikota paling lambat 1 April 2024 mendatang.

Menindaklanjuti surat Kemendagri itu, DPRD Kota Ambon akhirnya memilih tiga dari delapan nama untuk diusulkan berdasarkan voting dari fraksi-fraksi demi mencari keputusan bersama.

Dalam voting diketahui Apries berada diurutan pertama dengan perolehan delapan suara, diikuti Melky Lohy diposisi kedua dengan empat suara, dan Mantan Pj Bupati Mimika di urutan ketiga dengan tiga suara.:

Ketua DPRD Kota Ambon, Ely Toisuta mengaku, tiga nama yang telah diputuskan dalam paripurna internal itu, akan langsung diusulkan ke Mendagri melalui Email.

“Batas waktu pengusulan sampai tanggal 1 April 2024. Untuk tiga nama itu, malam ini juga akan dikirim ke Kemendagri melalui online ataubemail, nanti baru fisiknya menyusul,”ungkapnya.

Dikatakan Ely, tiga nama yang diusulkan itu merupakan hasil keputusan dari DPRD Kota Ambon.

“Nanti ada tiga nama lagi dari Gubernur Maluku yang diusulkan juga ke Kemendagri,” tandasnya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Kota Ambon, Rustam Latupono mengaku, semua nama yang masuk dalam voting telah berdasarkan usulan dari sembilan fraksi yang ada di Baileo Rakyat Belakang Soya.

Menurutnya, pemilihan dilakukan tertutup dan nama-nama tersebut murni muncul dari fraksi-fraksi sehingga tidak bisa diketahui.

Termasuk nama Valentino S Sumitro yang asing di telingah wakil rakyat maupun warga Kota Ambon.

Perlu diketahui, Valentinus Sudarjanto Sumito merupakan Pj Bupati Mimika yang dilantik pada 20 Juni 2023, dan telah selesai bertugas pada September 2023 lalu.

Sebelum menjadi Pj Bupati Mimika, Valentinus Sudarjanto Sumito juga pernah menjabat sebagai Pj Sekertaris Daerah Papua Tengah, dan kini sudah kembali bertugas sebagai Direktur Penataan Daerah, Otonomi Khusus dan Dewan Pertimbangan Otonomi Daerah, Kemendagri.

Valentinus Sudarjanto Sumito yang dikonfirmasi melalui WhatsApp, Kamis (28/3) mengatakan, ia hanya beberapa bulan saja menjabat sebagai Pj Bupati Mimika.

“Saya dilantik sebagai Pj Bupati Mimika pada 20 Juni 2023. Namun semenjak bulan September 2023, saya sudah kembali bertugas di Kemendagri,” ungkapnya.

Mengenai namanya yang masuk dalam tiga besar voting di DPRD Kota Ambon, sebagai Calon Pj Walikota, Valentinus Sudarjanto Sumito mengaku sangat Respect.

“Saya sangat respect untuk hal tersebut. Terimakasih atas atensinya. Prinsipnya saya ini abdi negara yang patuh pada aturan dan siap ditempatkan dimana saja,”tutupnya. (red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *