BERITA UTAMAPAPUA

Padati Halaman Katedral Hingga Jalan Raya, Ribuan Umat Katolik Katedral Salib Suci Agats Ikuti Perayaan Sabtu Suci

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
23
×

Padati Halaman Katedral Hingga Jalan Raya, Ribuan Umat Katolik Katedral Salib Suci Agats Ikuti Perayaan Sabtu Suci

Share this article
IMG 20240331 WA0014
Susana umat di pelataran Gereja Katedral Salib Suci Agats saat mengikuti perayaan Sabtu Suci.

Asmat,fajarpapua.com – Perayaan Sabtu Suci atau juga disebut malam Paskah, dapat dirayakan dengan penuh khidmat di Katedral Salib Suci Agats, Asmat, Papua Selatan, Sabtu (30/03/2024).

Prosesi perayaan Sabtu Suci ini diawali dengan upacara pemberkatan api unggun bertempat di halaman depan Gereja yang dipimpin oleh Pastor Yulius Hirnawan Kristianto, OSC didampingi Diakon Ambrosius Warsaman, Pr.

ads

Pantauan fajarpapua.com di lokasi, tampak ribuan umat memadati pelataran gereja bahkan hingga jalan raya, serta diamankan oleh petugas keamanan dari gabungan TNI-POLRI di Asmat.

Sambil membawa lilin Paskah yang dinyalakan dengan api yang diberkati tersebut, Pastor Yulius didampingi Diakon Ambrosius bersama petugas liturgi malam Sabtu Suci ini berarak menuju Altar sembari menyalakan lilin lilin yang dipegang umat yang hadir.

Perayaan Sabtu Suci ini sendiri merupakan bagian dari ritual dalam tri hari suci ; Kamis Putih, Jum’at Agung dan Sabtu Suci sebelum perayaan Paskah mengenang peristiwa Kebangkitan Yesus Kristus atas maut.

Diiringi nyanyian meriah dari anggota Koor lingkungan Stella Maris dan lingkungan Sta. Bernadeta, serta dikoordinir oleh Panitia dari lingkungan Sta.Sisilia dan St. Antonius de Padua membuat perayaan malam ini berjalan lancar, aman dan tertib.
(Jef)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *