BERITA UTAMAMIMIKA

Ini Catatan Kriminal Abu Bakar Kogoya, Dari Penembakan Personil Brimob Hingga Terlibat Penyerangan Kantor Freeport di Kuala Kencana

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
474
×

Ini Catatan Kriminal Abu Bakar Kogoya, Dari Penembakan Personil Brimob Hingga Terlibat Penyerangan Kantor Freeport di Kuala Kencana

Share this article
IMG 20240405 WA0018
Abu Bakar Kogoya alias Abu Bakar Tabuni

Timika, fajarpapua.com – Jenazah anggota KKB Papua Wilayah Mimika, Abu Bakar Kogoya alias Abu Bakar Tabuni rencananya dievakuasi ke Timika.

Abu Bakar Kogoya yang di tembak mati Satgas Ops Damai Cartenz-2024 di Tembagapura pada Kamis (4/4) kemarin, ternyata sosok yang terkenal bengis dan memiliki peran yang penting bagi KKB Papua khususnya di wilayah Kabupaten Mimika.

ads

Dalam catatan polisi, sosok ini diketahui terlibat dalam sejumlah kasus penyerangan maupun penembakan disejumlah wilayah di Kabupaten Intan Jaya dan Kabupaten Mimika.

Ka Ops Damai Cartenz-2024, Kombes Pol. Dr. Faizal Ramadhani, mengatakan KKB tersebut terlibat dalam sejumlah insiden atau aksi gangguan Kamtibmas yang terjadi di wilayah Intan Jaya dan Tembagapura.

“Abu Bakar Kogoya alias Abu Bakar Tabuni memiliki peran dalam berbagai gangguan Kamtibmas yang terjadi di wilayah Intan Jaya dan Tembagapura, Kabupaten Mimika,” ujarnya.

Peran pertama lanjutnya terjadi pada tanggal 21 Oktober 2017, Abu Bakar Kogoya alias Abu Bakar Tabuni terlibat dalam penembakan terhadap anggota Brimob atas nama Bharada Almin dan Brigadir Mufadol di Mile 69 Distrik Tembagapura Kabupaten Mimika.

“Aksi tersebut mengakibatkan korban terkena peluru dan mengalami luka tembak di bagian perut kanan dan kaki kanan,” tutur Ka Ops Damai Cartenz-2024.

Aksi kedua yang dilakukan Abu Bakar Kogoya terjadi pada tanggal 14 November 2017, yang terlibat dalam penembakan terhadap mobil LWB di Mile 69 Distrik Tembagapura, Kabupaten Mimika.

Dalam insiden ini, Abu Bakar Kogoya berhasil menembak bagian badan mobil dan paha kiri korban atas nama Raden Totok Soedewo.

Tak berhenti disitu, pelaku kembali membuat aksi gangguan Kamtibmas pada tanggal 30 maret 2020, dimana Abu Bakar Kogoya alias Abu Bakar Tabuni terlibat dalam penyerangan Kantor PT Freeport Indonesia (OB-1) Kuala Kencana.

Dalam peristiwa ini, Abu Bakar Kogoya menembak warga sipil di Parkiran Gedung OB-1, Alun-alun Kuala Kencana, Distrik Kuala Kencana Kabupaten Mimika.

“Insiden tersebut menewaskan satu orang warga negara asing dan menyebabkan dua orang lainnya terluka,”ungkapnya.

Selain itu, Kasatgas Humas Ops Damai Cartenz-2024, AKBP Dr. Bayu Suseno, saat dikonfirmasi mengatakan bahwa berdasarkan catatan kriminal di kepolisian, Abu Bakar Kogoya alias Abu Bakar Tabuni adalah sosok KKB yang aktif terlibat dalam serangkaian aksi kekerasan yang mengancam keamanan di wilayah Mimika.

“Pengungkapan aksi kejahatan Abu Bakar Kogoya alias Abu Bakar Tabuni dan tindakan tegas yang dilakukan oleh Satgas Damai Cartenz-2024 adalah bagian dari upaya Polri untuk menegakkan hukum, melindungi warga, dan menjaga keamanan di wilayah Papua khususnya Mimika dari ancaman kelompok kriminal bersenjata,” tutup Kasatgas Humas Ops Damai Cartens-2024.(ron/hsb)

.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *