BERITA UTAMAMIMIKA

Dua “Penyandang Bintang” Diisukan Bakal Bertarung di Pilgub Papua, Mathius Fakhiri Vs Paulus Waterpauw

cropped cnthijau.png
100
×

Dua “Penyandang Bintang” Diisukan Bakal Bertarung di Pilgub Papua, Mathius Fakhiri Vs Paulus Waterpauw

Share this article
e581025b cb1c 44fd 8bd4 0ed4cf1ca7ff
Irjen Pol Drs Mathius Fakhiri dan Komjen Pol (Purn) Paulus Waterpauw

Jayapura, fajarpapua.com – Dua putra terbaik Papua penyandang pangkat bintang di kepolisian, Irjen (Pol) Drs Mathius Fakhiri yang kini menjabat Kapolda Papua dan Komjen Pol (Purn) Paulus Waterpauw mantan Kapolda Papua diisukan bakal bertarung di ajang Pemilihan Gubernur (Pilgub) Papua.

Meskipun digadang-gadang bakal maju Pilgub Papua, baik Mathius maupun Paulus belum sepenuhnya secara gamblang menyampaikan kebenaran informasi tersebut.

ads

“Saya masih Kapolda dan masih mengatur terkait pola pengamanan untuk masuk pada Pilkada nanti. Fokus saya masih di situ, namun saya berterimakasih dan Alhamdulillah jika ada wacana di tengah masyarakat. Tapi mohon bersabar, sebab bagi saya mengelola keamanan jauh lebih penting,” ujar Kapolda Mathius menjawab pertanyaan wartawan Cepos belum lama ini.

Pria murah senyum namun dikenal tegas itu lahir pada 6 Januari 1968. Dia adalah seorang perwira tinggi Polri yang sejak 18 Februari 2021 mengemban amanat sebagai Kepala Kepolisian Daerah Papua.

Mathius kelahiran Bade, Edera Mappi itu merupakan lulusan Akpol tahun 1990 dan berpengalaman dibidang Brimob.

Sementara nama berikut yang digadang-gadang bakal maju Pilgub Papua adalah Komisaris Jenderal Polisi (Purn.) Drs. Paulus Waterpauw.

Ia lahir 25 Oktober 1963, merupakan seorang perwira tinggi Purnawirawan Polri. Paulus menjabat sebagai Deputi Bidang Pengelolaan Potensi Kawasan Perbatasan BNPP sejak 21 Oktober 2021. Dan menjabat sebagai Penjabat Gubernur Papua Barat sejak 12 Mei 2022.

Tokoh Agama di Papua Yones Wenda mengaku, Paulus Waterpauw pantas menjadi Gubernur Papua karena sudah menjabat sebagai Kapolda Papua dua kali, dua kali di daerah lain, juga sudah pernah menjabat sebagai Penjabat Gubernur di Papua Barat.

“Dia sangat paham situasi kondisi Papua, kalau beliau jadi gubernur itu lebih bagus lagi,” ujarnya, Rabu (24/4/2024) pagi.

“Beliau anak asli Papua dan kalau jadi gubernur pasti Papua akan maju dan dia bisa mengendalikan situasi yang ada di Papua,” tandasnya.(ana/hsb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *