BERITA UTAMAMIMIKA

Kadisnaker Mimika : IPN Jadi Jawaban Kontribusi PT Freeport Indonesia di Tanah Papua

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
130
×

Kadisnaker Mimika : IPN Jadi Jawaban Kontribusi PT Freeport Indonesia di Tanah Papua

Share this article
IMG 20240503 WA0063
Foto bersama para PTFI dan Para peserta pelatihan.

Timika, fajarpapua.com – Institut Pertambangan Nemangkawi (IPN) kembali menerima apprentice baru setelah sempat terhenti selama 4 tahun. Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah berharap melalui lembaga itu, PT Freeport Indonesia dapat terus membina para pekerja orang asli Papua (OAP).

Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Mimika Paulus Yanengga di Timika, Sabtu (4/5), mengatakan PTFI telah membuka program pelatihan di Institut Pertambangan Nemangkawi (IPN) guna membina dan mengembangkan keterampilan OAP.

Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya
Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya

“Banyak perkembangan yang terlihat dalam kurun waktu 30 tahun belakangan ini, dan program pelatihan IPN menjadi jawaban tentang kontribusi PTFI di Papua,” katanya.

Dia mengingatkan peserta pelatihan di IPN untuk selalu disiplin, bertanggung jawab, dan mengikuti proses ini hingga selesai.

“Saya harap dengan adanya pelatihan ini, jangan sampai ada OAP yang terkena PHK, jangan sampai anak-anak kami dilatih tetapi dikeluarkan,” ujarnya.

Senior Vice President Community Development PTFI Nathan Kum menjelaskan program IPN ini sempat vakum selama 3-4 tahun belakangan serta proses penjaringan peserta dilakukan cukup lama yakni akhir 2023.

“Proses penjaringan ini telah berjalan dan menghabiskan waktu empat bulan, program IPN ini dapat berjalan karena ada dukungan dari berbagai pihak seperti Lemasa dan Lemasko,” katanya.

Dia menambahkan setelah empat tahun tidak merekrut peserta pelatihan, IPN kembali membuka pelatihan di IPN, program apprentice angkatan 2024.

“Kami sangat berterima kasih atas dukungan dari tokoh masyarakat, sebab PTFI tidak dapat bekerja sendiri dan membutuhkan dukungan, agar program ini dapat berjalan,” ujarnya.(ant/red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *