BERITA UTAMAMIMIKA

Freeport Junior Cup 2024, Misi Membentuk Karakter Pesepakbola Muda Papua yang Kompetitif

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
55
×

Freeport Junior Cup 2024, Misi Membentuk Karakter Pesepakbola Muda Papua yang Kompetitif

Share this article
IMG 20240507 WA0077
Berfoto bersama usai konferensi pers terkait kompetisi sepak bola Freeport Junior Cup 2024 di MSC PTFI Timika, Selasa (7/5).

Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya
Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya

Timika, fajarpapua.com – PT Freeport Indonesia melalui Papua Football Academy menggelar kompetisi sepak bola usia muda bertajuk Freeport Junior Cup (FJC) 2024 pada 8-10 Mei 2024 bertempat di Lapangan Sepakbola,Mimika Sports Complex.

Turnamen edisi perdana ini siap menjadi wadah baru untuk menempa talenta muda pesepakbola muda Papua yangkompettif dan berkarakter.

Freeport Junior Cup 2024 akan menampilkan lebih dari 200 pesepak bola muda yang berasal dari 6 klub dan sekolah sepak bola terbaik yang ada di Timika, antara lain SSB Mimika United, Timika Putra, SSB Saireri, SATP, Kuala Kencana FC (KKFC) dan SSB Wania Imipi.

Adapun peserta terdiri dari siswa kelahiran 1 Januari 2008 dan setelahnya, atau usia 14 tahun hingga 16 tahun.

Regulasi ini ditetapkan agar memberikan wadah bagi putra Timika untuk menunjukkan bakatnya sesuai dengan kebutuhan Tim Nasional U-17 yang akan menghadapi AFF U-16 dan AFC Asian Cup U-17.

Nantinya, pada laga final juga akan diselenggarakan Grassroot Festival yang akandiikuti siswa kelahiran 1 Januari 2011 atau kelompok usia 13 tahun.

Festival ini sekaligus sebagai ajang melihat potensi calon siswa 2011 sebelum digulirnya PFA Cari Bakat 2024.

Freeport Junior Cup 2024 menerapkan sistem grup dan babak gugur. Peserta terbagi dalam 2 grup, terdiri dari 4 klub.

Nantinya, bagi 2 tim peringkat terbaik dengan poin terbanyak akan masuk babak semifinal.

Direktur Akademi Papua Football Academy, Wolfgang Pikal dalam konferensi pers di Mimika Sport Complex (MSC) Selasa (7/5) mengatakan, pihaknya optimis Freeport Junior Cup 2024 menjadi babak baru kompetisi sepak bola usia muda di Provinsi Papua Tengah.

Harapannya, turnamen ini juga menjadi kesempatan emas bagi pesepak bola usia muda di Papua untuk mengasah diri mempraktekan bermain bola yang benar mengikuti regulasi yang ada, termasuk bagi tim pelatih dan ofisial lainnya untuk mencari pengalaman positif.

Lewat FJC, PFA lanjutnya juga ingin mengenalkan pertandingan dengan standar yang sesuai kaidah sepak bola nasional dan kompetisi yang mengedepankan kepentingan anak.

Hal ini mengingat masih minimnya jumlah kompetisi sepak bola kelompok usia yang kompetitif.

“Terima kasih PT Freeport Indonesia atas support sepakbola usia muda di Timika, saya harap dengan turnamen ini, kita dapat menginspirasikan sepakbola di Timika. Harapannya, turnamen ini menjadi pentas menuju dan motivasi klub serta SSB lokal menjalankan pembinaan sepak bola di Mimika,” ujar Mantan Asisten Pelatih Timnas Indonesia era 2010 dan 2016 tersebut.

Sementara Direktur dan Executive Vice President Sustainable Development and CommunityRelation PT Freeport Indonesia (PTFI), Claus Wanafma menambahkan, PTFI mendukung penuh penyelenggaraan Freeport Junior Cup 2024 dalam rangka meningkatkan partisipasi masyarakat Papua dalam olahraga, khususnya lewat sepak bola.

Claus optimis, peran PFA lewat Freeport Junior Cup 2024 sekaligus memberikan wadah kegiatan positif bagi anak muda agar dapat teredukasi mempraktekkan permainan sepakbola yang modern dan mengikuti regulasi yang berlaku.

“Kami yakin melalui Freeport Junior Cup 2024 akan menambah inovasi baru dalam kompetisi pembinaan sepak bola muda kelompok umur di Papua. FJC akan jadi format baru kompetisi usia muda yang kompetitif untuk melahirkan talenta-talenta pesepakbola Papua yang berkarakter juara,” ucap Claus yang juga menggemari olahraga sepak bola ini.

Tim peserta Freeport Junior Cup 2024 juga menunjukkan antusiasme tinggi mereka untuk berlaga dalam match nanti.

Event ini diyakini bisa menambah pengalaman dan mental bertanding para pemain siswa SSB, sehingga mampu bersaing kompetitif secara nasional maupun internasional.

“Kami memberikan apresiasi yang tinggi diadakannya Freeport Junior Cup 2024, semoga semakin mengeksplor kemampuan talenta-talenta muda Timika, juga memberikan pelajaran, motivasi, mentalitas bertanding pemain dari masing-masing club. Semoga sukses dan dapat konsisten di tahun-tahun berikutnya untuk sepakbola Timika yang lebih baik,” ucap Pelatih Kepala Kuala Kencana FC, Paul Galingging.

“Sepak bola mengajarkan kita kerja sama, tidak menjadi egois, sepak bola juga mengajarkan kedisplinan, kepemimpinan, keuletan, sportivitas dan fairplay, serta kerja keras. Pertandingan di FJC ini jadi kesempatan emas mewujudkannya,” ujar Pelatih Kepala Timika Putra FC, Joe Yandeday.

Sebagai informasi Papua Football Academy (PFA) didirikan oleh PT Freeport Indonesia pada 2022 serta diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo.

Papua Football Academy memiliki visi, memberikan pendidikan dan mengoptimalkan adaptif, serta berpeluang menjadi pemain sepak bola profesional di Tanah Air serta Internasional.

Saat ini ada 60 siswa berusia 13 sampai 15 tahun tang terbagi dalam 2 angkatan.

Para siswa PFA mendapatkan pelatihan teknis, akademi dan life skill dari pelatih dan staff yang berpengalaman dan berlisensi selama 2 tahun.

Papua Football Academy telah mengikuti sejumlah kejuaraan nasional maupun internasional, seperti Piala Soeratin Nasional, Barati Cup serta terbaru ini menjadi runner-up dalam kejuaraan terbuka U16 di Selangor, Malaysia.(ron)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *