BERITA UTAMAMIMIKA

Selamat Jalan !, Penantian Panjang Berakhir, Pengungsi Tiga Kampung di Tembagapura Pulang

pngtree vector tick icon png image 1025736
10
×

Selamat Jalan !, Penantian Panjang Berakhir, Pengungsi Tiga Kampung di Tembagapura Pulang

Share this article
Para pengungsi menumpangi bus Freeport pulang kampung.

Warga yang akan kembali ke tiga kampung itu nantinya akan menempati kembali rumah-rumah mereka yang selama 10 bulan ditinggalkan saat mengungsi ke Timika.

Kondisi perumahan warga di tiga kampung itu, katanya, masih layak, tinggal dibersihkan setelah warga kembali ke kampung halamannya.

ads

Sesuai data Pemerintah Distrik Tembagapura, warga Banti 1, Banti 2 dan Opitawak yang selama 10 bulan terakhir mengungsi di Timika sebanyak 2.075 jiwa.

Tokoh masyarakat Banti, Marthina Natkime mengatakan selama 10 bulan warganya mengungsi di Timika, sudah 25 orang yang meninggal dunia karena sakit.

Warga tiga kampung yang mengungsi ke Timika itu akan mengikuti pemeriksaan kesehatan tes antigen yang bertempat di Gereja Kingmi Mile 32, Distrik Kuala Kencana untuk memastikan mereka sehat dan tidak terpapar COVID-19.

“Kami terus berusaha untuk memulangkan masyarakat kembali ke kampung, namun ada aturan dan prosedur yang harus kita lakukan yaitu masyarakat harus terlebih dahulu mengikuti tes COVID untuk memastikan tidak ada yang terinfeksi virus. Ini demi kepentingan kita bersama, jadi masyarakat harus benar-benar sehat baru bisa kembali ke kampung,” kata Wakil Bupati Mimika John Rettob saat menemui para pengungsi Waa-Banti dan Opitawak di Posko Pengungsi Banti di Kelurahan Kwamki Baru, Timika, Senin siang.(boy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *