Pencuri Marak, Polisi Minta Warga Tidak Simpan HP di Dashboard dan Jok Motor

by -
Akp arifin
Kabag Humas Polres Merauke, AKP Arifin S.Sos

Merauke, fajarpapua.com – Model kendaraan roda dua zaman sekarang memang memiliki banyak kelebihan dan kemudahan. Salah satunya dashboard, hampir semua motor matic memiliki dashboard di bagian depannya.

Tentu saja banyak manfaat yang diperoleh dengan adanya dashboard. Misalnya, pemilik buru-buru membawa barang ketika berkendara, bisa meletakkan di dashboard untuk sementara. Kemudahan lain tentu lebih fleksibel untuk meletakkan barang barang kecil daripada menyimpan di jok.

Namun, ternyata dengan kemudahan meletakkan barang di dashboard, juga tidak aman dan berbahaya. Hal itu mengundang maling untuk beraksi.

Di Merauke misalnya, banyak kasus pencurian handphone terjadi. Pemilik motor rata-rata handphone (HP)nya hilang digasak maling, lantaran menyimpannya di dashboard saat sedang berbelanja di pasar atau di pertokoan.

Salah seorang warga Arman, mengaku HP-nya hilang saat berbelanja di Pasar Wamanggu. Dia menaruh HP itu di dashboard motor Mio-S miliknya dan lupa mengantonginya ketika masuk ke dalam pasar.

“Saya simpan HP saya di sini, pak. Eh, baru lima menit saya masuk ke dalam pasar untuk berbelanja. Kaget, saya keluar, HP sudah tidak ada,” aku Arman kepada fajarpapua.com sembari menunjuk ke dashboard motor miliknya yang diparkir di areal Pasar Wamanggu, Merauke, Senin (15/3).

BACA JUGA:  Jaksa ‘Bongkar’ Korupsi Dana Honorarium SD di Dinas P dan K Merauke Senilai 8,6 Miliar

Menanggapi kasus tersebut, Kapolres Merauke, AKBP Ir. Untung Sangaji, M.Hum melalui Kabag Humas, AKP Arifin, S.Sos mengimbau masyarakat Merauke agar selalu waspada dan berhati-hati apabila memarkir kendaraan di tempat keramaian. Masyarakat diminta untuk tidak menaruh handphone atau barang berharga lainnya di dashboard maupun di jok motor.

“Saya minta kepada warga Merauke, jangan menaruh HP atau barang berharga lainnya di dashboard atau di jok sepeda motor. Sebelum meninggalkan kendaraan yang hendak diparkir, selalu mengecek barang berharga. Bila berkendara, jangan memancing pencuri untuk melakukan aksi pencurian, seperti menaruh tas di stang kendaraan dan lain-lain,” imbau Arifin.

INFO IKLAN 0812-3406-8145 banner 300250