Telkom Papua Siapkan Tim Satgas Jaringan Internet Jelang PON XX

by -
Kantor Telkom Papua
Kantor Telkom Papua

Jayapura, fajarpapua.com – Mengantisipasi gangguan, PT Telkom Papua menyiapkan tim satuan tugas (Satgas) terkait kesiapan jaringan internet menjelang pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX pada 2021.

Manager Solution Government Service PT Telkom Papua Asrif di Jayapura, Rabu (5/5), mengatakan pihaknya telah merencanakan dan menyiapkan sejumlah skenario guna mengantisipasi kendala yang akan dihadapi pada pelaksanaan PON XX tersebut.

“Memang ketika penyelenggaraan baik pertandingan yang akan menggunakan aplikasi maupun penyiarannya akan menjadi hal yang sangat krusial,” katanya.

Papua Menunggu Quota Internet Gratis dari Pemerintah Pusat(Opens in a new browser tab)

Menurut Asrif, Telkom telah membentuk satgas dan sudah menganalisa supaya tidak terjadi “single point of failure” atau tidak boleh ada satu titik gangguan yang akan menyebabkan seluruh sistem terganggu.

BACA JUGA:  Hotel Terapung di Dermaga Pomako Untuk Peserta PON, KUPP Perbaiki Listrik dan Jalan Masuk, TERKENDALA LAHAN !!!

“Yang paling utama adalah empat wilayah atau klaster penyelenggara PON yakni Kota dan Kabupaten Jayapura, Mimika serta Merauke yang sudah dianalisa bagaimana ‘network FO’ nya maupun ‘network backbone’nya,” ujarnya.

Bahaya Kabel optik Internet Putus Saat PON XX, ini Kata Kominfo Papua(Opens in a new browser tab)

Dia menjelaskan jadi jika salah satu wilayah ini linknya terputus, maka sudah ada “link back up”nya, sementara ini Kabupaten Mimika dan Merauke aman.

“Sedangkan untuk Kota dan Kabupaten Jayapura sudah ada beberapa skenario yang diharapkan selesai di awal Agustus 2021,” katanya lagi.

Dia menambahkan hal ini sudah dianalisa semua kemungkinan-kemungkinannya dan telah dilakukan persiapan, tetapi memang secara teknis baru akan disiapkan pada awal Agustus 2021 sebelum pelaksanaan PON.(ant)

banner 300250
INFO IKLAN 0812-3406-8145