Wajar Jika Yansen Tinal Didorong Jadi Wakil Gubernur Papua, Bukan Karena Jabatan Warisan

by -
Yohanes Kemong
Yohanes Kemong

Timika, fajarpapua.com – Perwakilan Organisasi Intelektual Amungme Kamoro (OKIA) Kabupaten Mimika, Yohanes Kemong menegaskan, wajar jika pihaknya mendukung Yansen Tinal sebagai Wakil Gubernur Papua menggantikan almarhum Klemen Tinal. Sebab, secara aturan, Yansen dianggap paling layak menduduki jabatan yang ditinggalkan mendiang KT.

Penegasan itu disampaikan Yohanes menanggapi pernyataan tokoh Amungme yang juga Ketua Komisi C DPRD Mimika, Elminus Mom sebagaimana dipublish media ini, Senin (19/7).

“Salahnya dimana? Sudah tepat sekali kalau yang menduduki wakil gubernur itu pak Yansen Tinal, beliau murni orang Golkar,” tukasnya.

Menurut Yohanes, saat ini Yansen menduduki jabatan Ketua Harian 1 DPD Golkar Papua. Saat pilkada dua tahun lalu Partai Demokrat dan Partai Golkar menjadi pengusung utama dua pasangan tersebut.

BACA JUGA:  Tokoh Amungme Ingatkan Jabatan Wakil Gubernur Papua Bukan Warisan, Stop Demo di Timika

“Wajar kalau sekarang Golkar menuntut porsi wakil gubernur karena itu partai pengusung,” tuturnya.

Yohanes meminta semua pihak untuk menghargai perjuangan Klemen Tinal dalam membesarkan Golkar Papua hingga akhir hidupnya.

“Yang berlaku di Papua tidak hanya aturan murni tapi juga kearifan lokal. Dalam hal ini semua pihak terutama kader Golkar sangat mengharapkan kebijakan Gubernur Papua untuk menghargai perjuangan almarhum Klemen Tinal. Tidak ada orang lain selain Yansen Tinal yang paling pantas menduduki jabatan ini, kami sangat berharap pak Gubernur mengambil keputusan tepat dengan menggandeng Yansen Tinal sebagai wakil,” harapnya.(red)

INFO IKLAN 0812-3406-8145 banner 300250