Jelang KBM Tatap Muka, Dinas Pendidikan Mimika Harus Membuat Regulasi yang Tepat

by -
Leonardus Kocu
Leonardus Kocu

Timika, fajarpapua.com – Rencana pemerintah daerah menggelar kegiatan belajar mengajar (KBM) mendapat dukungan dari berbagai pihak.

Untuk itu, Dinas Pendidikan Kabupaten Mimika diharapkan segera membuat regulasi dan melakukan sosialisasi keseluruh jenjang pendidikan serta orang tua murid.

Leonardus Kocu yang juga Anggota DPRD Mimika periode 2019-2024 menuturkan, dinas pendidikan memang harus segera menyiapkan aturan pendukung serta segala sesuatu berkaitan dengan KBM tatap muka.

“Bicarakan hal ini dengan para kepala sekolah untuk sama-sama berpikir soal KBM tatap muka yang tentu dengan protokol kesehatan secara ketat. Dinas harus jujur dan terbuka dengan sekolah terkait kesiapan menuju sekolah tatap muka ini,” ujarnya.

Selain itu juga harus dibahas, apa yang menjadi tanggungjawab dinas pendidikan dan apa yang harus dipersiapkan sekolah serta siswa atau anak didik.

Kemudian juga harus ditentukan regulasi terkait batasan-batasan selama siswa maupun sekolah menggelar belajar tatap muka.

BACA JUGA:  Masalah SD Negeri Inauga Sempan Berlarut-larut, Komisi C Rencana Undang Bupati Mimika

Segala sesuatu yang berkaitan dengan belajar tatap muka, kata Leonardus, harus dibicarakan degan baik antara dinas, sekolah dan orang tua.

Leonardus mendukung, jika seluruh regulasi serta alat yang dibutuhkan telah siap, KBM tatap muka digelar diawal September mendatang.

“Jujur orang tua tidak mampu lagi mengurus pendidikan anak-anak mereka di rumah,” tuturnya.

Sementara Amandus Gwijangge meminta Satgas Covid 19, Dinas Kesehatan Mimika harus berkolaborasi dengan dinas pendidikan sebelum belajar tatap muka dilakukan.

Pendidikan dari rumah, kata Amandus, membuat kemampuan siswa tidak berkembang karena orang tua hanya bisa mendampingi dan membimbing anak tapi tidak memiliki teknik menstransfer ilmu pengetahuan kepada anak mereka.

“Jadi yang paling tepat KBM segera jalan sehingga anak-anak bisa mendapatkan pelajaran dari guru tiap hari,” tutupnya. (mar)

INFO IKLAN 0812-3406-8145 A valid URL was not provided.