BERITA UTAMAGEBYAR PON PAPUA

Pegulat Jatim Raih Emas, Juara PON Jabar Tumbang di Semi Final

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
3
×

Pegulat Jatim Raih Emas, Juara PON Jabar Tumbang di Semi Final

Share this article
Penyerahan medali kepada sang juara. (Foto:Hendrik)
Penyerahan medali kepada sang juara. (Foto:Hendrik)


Merauke, fajarpapua.com – Hari ketiga cabang olahraga gulat PON XX Papua mempertandingkan nomor pemungkas bagi pegulat putri yaitu gaya bebas 76 kg di GOR Futsal Dispora, Merauke Minggu, (10/10).


Kelas pemungkas gulat putri 76 kg ini mengikutkan pegulat Jawa Timur, Varadisa Septi, Yanti Hernanti dari Jawa Barat, Irma Apriyanti dari Bangka Belitung, Nastrusnicu Roxana Andreea dari Kalimantan Selatan, Indri Sukmaningsih dari Jambi, dan Yunita Wanma mewakili tuan rumah Papua.

ads


Sebelumnya, lima kelas gulat putri telah dipertandingkan pada dua hari pertama, di mana Jawa Timur dan Jawa Barat berbagi dua emas dan Banten mencuri satu medali emas.


Di kelas 76 kg bebas putri, pegulat Jawa Timur, Varadisa Septi berhasil merah medali emas, setelah di final mengalahkan pegulat Jambi, Indri Sukmaningsih dengan kemenangan mutlak ‘winning fall-out touch’ (jatuhan/ bantingan).

IMG 20211010 WA0031
Pegulat Jatim, Varadisa Septi melakukan teknik kuncian usai menjatuhkan lawannya, Indri Sukmaningsih (pegulat Jambi) pada laga final. (foto: Hendrik)

Pegulat Jambi Indri Sukmaningsih terpaksa hanya mendapatkan medali perak.


Varadisa Septi yang merupakan peraih emas di Pra PON tahun 2019 lalu ini, maju ke final setelah mengalahkan pegulat Jawa Barat, Yanti Hernanti di semi final juga dengan kemenangan “touch” (jatuhan).


Sementara Indri Sukmaningsih, pegulat Jambi maju ke final setelah menumbangkan pegulat Kalimantan Selatan, Nastrusnicu Roxana Andreea di semi final dengan kemenangan “touch” (jatuhan). Padahal Rosana sudah mengungguli Indri Sukmaningsih terlebih dahulu dengan skor 4-2.


Roxana, yang merupakan atlet naturalisasi kelahiran Rumania 13 Januari 1989 itu bermain untuk Kalsel sekaligus peraih medali emas di PON XIX Jabar 2016 lalu itu, tak mampu mempertahankan gelar juaranya dan hanya puas di tempat ketiga dengan medali perunggu.

IMG 20211010 WA0032
Pegulat Kalsel, Roxana Andreea saat mengalahkan pegulat Jabar, Yanti Hernanti dalam perebutan medali perunggu. (Foto:Hendrik).


Atlet yang resmi menjadi Warga Negara Indonesia pada 17 Mei 2016 ini mengalahkan pegulat Jawa Barat, Yanti Hernanti dengan skor 11-0 dalam perebutan di tempat ketiga cabor gulat kelas 76 kg bebas putri.


Setelah seluruh kelas gaya bebas putri rampung, Minggu (10/10). Cabang olahraga gulat yang digelar hingga 14 Oktober 2021 ini menyisakan nomor gaya bebas putra dan gaya Greco-Roman, yang khusus diikuti pegulat putra. (hrs)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *